OJK pastikan Bank Danamon bakal diakuisisi Bank of Tokyo tahun depan

Rabu, 6 Desember 2017 17:46 Reporter : Wilfridus Setu Embu
OJK pastikan Bank Danamon bakal diakuisisi Bank of Tokyo tahun depan danamon. bdadesign.co.id

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan bahwa Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) melalui Bank of Tokyo akan mengakuisisi saham PT Bank Danamon Tbk (BDMN) secara bertahap. Aksi korporasi ini-pun diharapkan mulai berlangsung tahun depan,

"Kami harapkan begitu (awal tahun depan), secara bertahap," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Heru Kristiyana, Rabu (6/12).

Hingga saat ini, proposal pembelian saham Bank Danamon oleh perusahaan jasa keuangan asal Jepang tersebut memang belum masuk ke regulator. Hanya saja, sudah ada pembicaraan secara informal. "(Proses) masuk belum, tapi rencana akan terus berjalan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Departemen Pengawasan Perbankan II OJK, Ariastiadi mengakui bahwa sudah ada pertemuan antara manajemen MUFG, Danamon dan OJK. Namun, belum ada kontrak harga terkait jual beli saham tersebut.

Menurut dia, manajemen MUFG ingin menjadi menjadi pemegang saham minoritas di Bank Danamon. Dengan demikian, akuisisi ini tidak membuat MUFG dalam posisi mayoritas dan pengendali. "Itu sementara informasi yang kami dapatkan, (MUFG) maunya duduk di porsi yang tidak mayoritas," jelas Aristiadi.

Proses pembelian saham Danamon oleh MUFG saat ini masih dalam tahap due diligence atau uji tuntas. "Jadi kami juga belum melihat itu karena harus didahului dengan melihat kondisi Danamon saat ini yang disebut dengan due dilligence (uji tuntas)," ujar dia.

Untuk diketahui, Bank Danamon mengakui adanya rencana pembelian saham dari Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ (MUFG). MUFG sendiri merupakan pemegang saham terbesar di Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Bank Danamon
  2. OJK
  3. Perbankan
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini