Menteri Susi Malu Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Nomor Dua di Dunia

Selasa, 9 April 2019 13:00 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menteri Susi Malu Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Nomor Dua di Dunia Menteri Susi Pudjiastuti di Pantai Bangsring. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Indonesia masuk daftar penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Nomor dua setelah China. Predikat sebagai penyumbang sampah plastik terbanyak membuat malu Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti.

Menteri Susi menekankan, untuk mengatasi persoalan sampah plastik dibutuhkan peran dari seluruh masyarakat. Kesadaran masing-masing individu menjadi faktor penting dalam upaya mengurangi sampah plastik.

"Indonesia penyumbang sampah plastik terbesar ke dua di dunia. Malu banget punya label begitu. Mulai sekarang kurangi sampah plastik. Mohon kurangi dari diri kita sendiri," kata Menteri Susi saat ditemui di Universitas Sahid Jakarta, Selasa (9/4).

Dia meminta masyarakat beralih dan meninggalkan kantong plastik. Diganti dengan kantong yang terbuat dari bahan lain.

"Pasti sekarang ada kresek di tas masing-masing minimal 1. Ibu-ibu belanja 10 kresek. Mohon kurangi dari diri kita sendiri. Pakai tas anyam, kantong kain. Lebih artistik," katanya.

Indonesia dapat mencontoh negara lain di kawasan Afrika yang telah lebih dulu melarang penggunaan kantong plastik.

"Kenya saja Negara Afrika terbelakang mereka lebih duluan plastik tidak boleh pakai. Jakarta mau mulai tapi tidak berani takut diprotes produsen plastik. Demi terjaganya lingkungan kita," ucapnya.

Sebelumnya, sebanyak 40.000 toko ritel yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menjadikan kantong plastik belanja sebagai barang dagangan. Harga yang dikenakan mulai dari Rp 200 per lembar. Ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan plastik. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini