Menko Luhut sebut Australia siap bantu RI selesaikan kasus Montara

Senin, 6 Maret 2017 19:07 Reporter : Syifa Hanifah
Menko Luhut sebut Australia siap bantu RI selesaikan kasus Montara Luhut Panjaitan. ©2015 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop. Salah satunya mengenai penyelesaian kasus meledaknya kilang minyak Montara.

Sebagai informasi meledaknya kilang minyak Montara milik PTT Exploration and Production, di Blok Atlas Barat, pada 2009 silam. Ledakan ini menyebabkan pencemaran besar-besaran di Laut Timor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Membahas berbagai bidang kita sedang berbicara tentang Montara, Papua, juga ekonomi dan potensi terorisme dan lain-lain. Kami membahas berbagai kepentingan dari bidang lain," kata Luhut di kantornya, Senin (6/3).

Dia menambahkan, pemerintah Australia siap membantu Indonesia dalam menyelesaikan pencemaran tumpahan minyak di Montara.

"Ya, saya dibahas dengan ibu Bishop. Dia teman baik di Indonesia, tentu saja Australia memiliki mitra yang sangat baik dapat melakukan sesuatu untuk membantu orang di daerah itu di bagian Timur Indonesia terutama daerah Montara," imbuhnya.

Selain itu, lanjut Luhut, Australia juga tertarik bekerja sama dalam bidang pariwisata di Pulau Natuna.

"Untuk kegiatan ekonomi, kita dapat melakukan banyak hal, tidak hanya ada kegiatan wisata di pulau Natuna, dapat bersama-sama dengan Australia eksplorasi tambang dan Kami dapat melakukan banyak hal dengan Australia," pungkasnya. [sau]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini