Menko Luhut Ajak Masyarakat Dukung Karya Anak Bangsa

Sabtu, 31 Agustus 2019 11:12 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Menko Luhut Ajak Masyarakat Dukung Karya Anak Bangsa Motor listrik Gesits. ©2018 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mendapatkan kesempatan menjajal motor listrik buatan anak bangsa, Gesits. Dia mengaku puas dengan performa motor listrik tersebut.

Oleh karena itu dia mengajak semua pihak untuk mendukung kreasi dan inovasi anak-anak muda dalam negeri. Dukungan pada inovasi anak-anak Indonesia, tegas Luhut, amat penting.

"Jadi kita dorong anak-anak. Kalau ada kurang-kurang sedikit kita terus jangan cerca buatan dalam negeri lah. Jadi juga kadang-kadang kita bilang 'Wah ini kurang.'," kata dia, saat ditemui, di Monas, Jakarta, Sabtu (31/8).

Jika upaya riset, penelitian,dan pengembangan tidak dilakukan, maka Indonesia akan tertinggal dari negara lain. Dia menekankan, semua produk bagus pasti mengalami jatuh-bangun ketika dimulai.

"Kalau tidak dimulai kapan mau dia sempurna. Orang-orang luar negeri juga kan mulai dari berantakan juga," tegas dia.

"Jadi jangan terus kita kritik buatan dalam negeri jelek. Hebat lah (buatan dalam negeri). Tadi saya coba," imbuhnya.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, salah satu bentuk dukungan pemerintah kepada inovasi dan penelitian ditunjukkan dengan pemberian fasilitas super deduction tax.

Fasilitas ini diberikan kepada industri yang berinvestasi pada bidang research and development. (RnD). "RnD juga Pemerintah kasih fasilitas super deduction tax. Tidak ada masalah untuk pengembangan (motor listrik)," tandasnya. [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini