Menko Darmin Prediksi Inflasi Mei Tembus 0,6 Persen, Ini Pemicunya

Jumat, 31 Mei 2019 19:37 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menko Darmin Prediksi Inflasi Mei Tembus 0,6 Persen, Ini Pemicunya Darmin Nasution. ©Humas Kemenko Perekonomian

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution memperkirakan inflasi bulan Mei 2019 dikisaran 0,5 hingga 0,6 persen. Inflasi ini terjadi akibat adanya lonjakan dari beberapa harga pangan pada saat Ramadan.

Menko Darmin menjelaskan, beberapa komponen yang menyebabkan inflasi yaitu selain bahan pokok seperti beras, seperti misalnya, cabai, ayam, hingga bumbu-bumbuan.

"Inflasi kita itu di bulan Ramadan di bulan Idulfitri selalu tinggi. Kita berharap inflasinya di bulan ini berkisar 0,5 sampai 0,6 persen," katanya saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Jumat (31/5).

Darmin mengatakan, inflasi pada bulan Ramadan dan Idulfitri memang selalu mengalami peningkatan. Tercatat, 2018 inflasi pada Ramadan sebesar 0,59 persen dan pada 2017 sebesar 0,69 persen.

“Inflasi tarif angkutan juga menjadi salah satu penyumbang inflasi tertinggi,” ucapnya.

Meski begitu, faktor transportasi pada inflasi bulan ini tidak terlalu tinggi, karena pada bulan lalu sudah terjadi kenaikan cukup signifikan.

"Inflasi bulan ini salah satu dampaknya agak dalam dan luas, bukan hanya mudik dan turis (pariwisata)," ungkapnya. [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini