Menhub Budi Ingin Ekspor Logistik Hanya Lewat Pelabuhan Tanjung Priok

Rabu, 16 Oktober 2019 16:59 Reporter : Dwi Aditya Putra
Menhub Budi Ingin Ekspor Logistik Hanya Lewat Pelabuhan Tanjung Priok Pelabuhan Tanjung Priok. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginginkan agar kegiatan ekspor logistik dapat berpusat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Hal itu tidak terlepas dari rencana Tanjung Priok yang akan dijadikan sebagai hub pelabuhan Internasional.

"Kita ingin beberapa pelabuhan yang ada di Indonesia itu memperlakukan atau melakukan regulasi barangnya di Jakarta di Priok," kata dia saat ditemui di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (16/10).

Menurutnya, dengan satu pintu maka akan mempersingkat efisiensi serta memberikan daya saing bagi Indonesia. Di samping itu, keunggulan lain didapat yakni dapat menekan biaya logistik. Seperti diketahui, biaya logistik saat ini mencapai sekitar 24 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

"Makin banyak makin murah biaya dikenakan karena skala ekonomis yang ada dalam pergerakan kapal kapal relatif besar itu akan lebih efisien dibandingkan dengan kapal-kapal yang kecil," jelas dia.

Di sisi lain, dengan dijadikannya Tanjung Priok sebagai hub pelabuhan internasional, maka kapal-kapal kargo bisa langsung bersandar di Indonesia tanpa mampir ke negara tetangga terlebih dahulu. "Kemarin ada kapal dari Korea datang ke sini itu sudah baik kita harus kawal satu satu, apa yang kurang kita perbaiki apa yang belum maksimal kita maksimalkan," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini