Mengenal Menteri ESDM Arifin Tasrif, Mantan Bos Pupuk Indonesia dan Duta Besar RI

Rabu, 23 Oktober 2019 09:39 Reporter : Anggun P. Situmorang
Mengenal Menteri ESDM Arifin Tasrif, Mantan Bos Pupuk Indonesia dan Duta Besar RI Kabinet Indonesia Maju. ©BPMI

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Arifin Tasrif sebagai Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) menggantikan Ignasius Jonan. Arifin sebelumnya menjadi Duta Besar Indonesia untuk Jepang.

Arifin menjabat sebagai duta besar Republik Indonesia untuk Jepang oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 13 Maret tahun 2017.

Arifin Tasrif lahir di Jakarta, pada 19 Juni 1953 dengan umur 66 tahun. Dikutip dari berbagai sumber, ia adalah seorang profesional Indonesia.

Arifin pun pernah tercatat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Indonesia. Dia merupakan dirut pertama BUMN pupuk setelah holdingisasi yang dilakukan oleh Kementerian BUMN.

Oleh Kementerian BUMN, dia ditugaskan untuk mengkoordinasikan produksi dan distribusi lima perusahaan pupuk nasional.

Arifin merupakan seorang perantau Minangkabau yang menyelesaikan pendidikan sarjananya di Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Kimia pada tahun 1972.

Dari sisi penghargaan, ia menerima Honorary Fellowship Award dari AFEO (ASEAN Federation of Engineering Organization), atas kontribusinya dalam dunia keprofesian sebagai insinyur di Indonesia dan regional ASEAN.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pagi ini mengenalkan susunan kabinet yang akan membantunya dalam 5 tahun ke depan. Kabinet 2019-2024 diberi nama Kabinet Indonesia Maju. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini