Kriteria Menteri Jokowi Periode II di Mata Pengusaha

Rabu, 3 Juli 2019 17:21 Reporter : Merdeka
Kriteria Menteri Jokowi Periode II di Mata Pengusaha Jokowi dan Maruf Amin. ©Istimewa

Merdeka.com - Nama bos Gojek Nadiem Makarim muncul menjadi salah satu sosok yang digadang-gadang layak menduduki jabatan menteri dalam kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode ke-2. Hal ini seiring dengan niat Jokowi untuk mengangkat menteri dari kalangan muda.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, Nadiem memiliki kompetensi yang cukup untuk masuk dalam jajaran kabinet.

"Nadiem saya melihat figur yang sangat kuat, kompeten. Kalau mau berdedikasi untuk negara silahkan dan saya rasa luar biasa ada generasi muda seperti Nadiem yang mau," ujar dia di Jakarta, Rabu (3/7).

Namun demikian, sosok-sosok yang akan diangkat menjadi menteri nanti harus ditempatkan di kementerian yang tepat. Sehingga mereka bisa langsung bekerja karena telah mengerti permasalahan yang dihadapi di sektornya masing-masing.

"Tapi porfolio mesti jelas apa yang mau diambil. Ini semua tidak punya lagi salah waktu dan tempat. Presiden sudah tahu harus lari dan cari tim yang solid siapa. Ini jadi kunci," jelas dia.

Sementara dari kalangan pengusaha lain, sejumlah nama yang sudah memiliki jam terbang tinggi juga dinilai cocok menjadi menteri di kabinet selanjutnya. Nama-nama tersebut seperti Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani dan Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani.

"Kita dari pelaku usaha ada beberapa seperti Ketua Umum Kadin, Ketua Umum Apindo semua itu juga menurut kami bisa dan layak menjadi salah satu menteri," tandasnya.

Reporter: Septian Deny

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini