Kisah Miliarder Sukses Berkat Janji Selalu Makan Malam di Rumah Pada Istri

Jumat, 28 Februari 2020 00:00 Reporter : Merdeka
Kisah Miliarder Sukses Berkat Janji Selalu Makan Malam di Rumah Pada Istri todd mckinnon. ©2020 twitter toddmckinnon

Merdeka.com - Kiat seseorang untuk menuju kesuksesannya, bisa ditempuh dengan jalan yang beragam. Seperti kisah Todd McKinnon yang ingin meyakinkan istrinya, Roxanne, bahwa dia tidak gila karena ingin keluar dari pekerjaannya, dan meluncurkan perusahaan baru saat krisis ekonomi.

Kemudian, untuk membuktikan bahwa McKinnon tidak gila, dia membuat presentasi PowerPoint pada 2008 untuk istrinya, yang berjudul "Mengapa Saya Tidak Gila". Di dalam presentasi itu, dia menguraikan rencananya untuk memulai bisnis baru, tanpa melukai keuangan keluarga, bahkan jika usaha barunya gagal.

Selain memaparkan keamanan keuangan keluarga, McKinnon mengatakan bahwa dia berjanji untuk selalu makan malam di rumah.

Setelah mendengar pemaparan suaminya, Roxanne setuju, dan McKinnon pun meninggalkan pekerjaannya sebagai kepala teknik di Salesforce, demi membangun perusahaannya sendiri, yaitu sebuah perusahaan keamanan cloud, Okta (OKTA).

Dilansir pada laman CNN Business, Okta ialah suatu industri yang berguna untuk merampingkan dan mengamankan proses masuk ke sistem TI perusahaan. Sehingga karyawan hanya perlu satu ID pengguna, dan satu kata sandi, untuk mengakses setiap program yang mereka butuhkan saat bekerja.

Dengan berdirinya Okta, McKinnon kini selalu bisa makan malam di rumah, dan itu membantunya untuk menjadi CEO yang lebih baik. Dia mengatakan, akan meninggalkan kantor selambat-lambatnya pukul tujuh malam, untuk pulang dan makan malam bersama keluarganya.

Namun memang, McKinnon mengatakan, meninggalkan pekerjaannya di kantor, akan membuatnya merasa bersalah, dan dia akan kembali bekerja saat malam.

Di sisi lain, dengan pulang setiap pukul tujuh malam untuk makan malam bersama keluarga, memberikannya kesempatan untuk menghela nafas, dan mendapatkan perspektif yang lebih luas. Itu menjadi hal penting menurut McKinnon.

1 dari 2 halaman

Anak Mengajarkan McKinnon Dalam Mengelola Usaha yang Sukses

mckinnon dalam mengelola usaha yang sukses

Selain itu, McKinnon mengatakan, membesarkan seorang anak juga mengajarkan kepadanya pelajaran yang berharga. Tentang membangun budaya perusahaan yang sukses, dengan karyawannya. Anak dan karyawan akan sama-sama meniru sikap dan perilaku Anda. Seperti Elang yang melihat Anda dengan pantauan yang tajam.

"Anda dapat berbicara tentang hal-hal (dengan karyawan), tetapi budaya benar-benar ditentukan oleh bagaimana Anda bertindak. Mereka tidak peduli apa yang Anda katakan, ini tentang apa yang Anda lakukan," kata McKinnon.

Kemudian, McKinnon mengatakan, dalam perusahaannya, dia lebih menumbuhkan budaya yang transparan dan kolaboratif, di mana setiap karyawan merasa memiliki kepentingan dalam masa depan perusahaan.

Hal itu bisa ditempuh dengan berkomunikasi secara terbuka dengan timnya, bahkan ketika perusahaan sedang tidak berjalan dengan baik, dan investornya menjadi sedikit mengkhawatirkan. "Itu benar-benar memiliki efek untuk memperkuat tim, itu membuat orang-orang berkumpul di perusahaan, dan merasa perusahaan itu milik mereka."

2 dari 2 halaman

Membangun Usaha Berpenghasilan Luar Biasa Lewat Bonus dan Tanpa Kantor Megah

berpenghasilan luar biasa lewat bonus dan tanpa kantor megah.gif

Dengan perjalanan yang cukup baik, McKinnon mengatakan, dia tidak pernah memiliki kantor megah dan menghindari menampilkan status top lainnya.

"Anda harus membuat perusahaan Anda terasa seperti perusahaan semua orang. Jika Anda melakukan semua hal khusus, yang tidak bisa dilakukan karyawan, seperti memiliki perusahaan di gedung yang mewah, maka karyawan tidak akan merasa seperti memiliki perusahaan Anda, karena mereka memang tidak bisa memilikinya," papar McKinnon.

McKinnon memaparkan, dalam usahanya, dia membuat perasaan kepemilikan itu lebih nyata dengan menambahkan bonus penghasilan, disamping gaji pokok yang diterima karyawan. Ini menjadi penyemangat karyawannya, utamanya untuk memperkenalkan industrinya ke publik.

McKinnon mengatakan, Okta tumbuh bermula dari hanya dua orang pegawai, yaitu McKinnon dan pendiri yang lain, Frederic Kerrest. Kemudian pada 2009, jumlah karyawan meningkat sebanyak 2.000 karyawan, di selusin kantor, di enam negara saat ini.

Kemudian McKinnon menambahkan, kurangnya tingkat kesuksesan seseorang, bisa ditentukan dari tingkat produktifnya di setiap menit.

Hal tersebut terbukti sukses. Okta terus bertumbuh. Saham Okta yang diperdagangkan kini kurang lebih sebesar USD 129 per saham akhir-akhir ini, naik sekitar 660 persen dari harga IPO USD 17 tiga tahun lalu.

Reporter Magang : Nurul Fajriyah

[bim]

Baca juga:
Digempur Virus Corona, China Tetap Cetak Miliarder Baru 3 Kali Lebih Banyak dari AS
Memulai Bisnis di Usia 49, Miliarder ini Kini Mampu Beri Pegawai Bonus Tiap Bulan
Miliarder Milenial ini Ungkap Alasan Menabung Bukan Cara Efektif Jadi Kaya
Harta Miliarder Ini Bertambah Rp31 Triliun Hanya dalam 1 Jam
Nasihat Penting Orang Terkaya Dunia untuk Pengusaha Pemula
Pelajaran Penting dari Warren Buffett Jika Anda Ingin Hidup Kaya Raya
Rahasia Agar Kekayaan Anda Bisa Tahan Hingga ke Anak Cucu

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini