Kini, Belanja di Pasar Bisa Bayar Pakai GO-PAY

Jumat, 5 April 2019 17:44 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Kini, Belanja di Pasar Bisa Bayar Pakai GO-PAY GO-PAY di Pasar Tradisional. ©2019 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - GO-PAY terus memperkuat komitmennya dalam mendorong perekonomian Indonesia dari piramida yang paling bawah. Komitmen ini salah satunya GO-PAY wujudkan dengan memperkenalkan teknologi pembayaran nontunai kepada para pelaku usaha mikro dan melakukan digitalisasi pasar baik tradisional maupun modern.

Pengenalan sistem pembayaran nontunai ini bertujuan agar pelaku usaha mikro dapat merasakan manfaat dan kemudahan transaksi nontunai sehingga mereka dapat memajukan usahanya.

Head of Micro Merchant Regional Jabodetabek GO-PAY Eliawati Flavia mengatakan upaya tersebut sejalan dengan misi GO-PAY menjadi jembatan bagi pelaku UMKM untuk berkembang. GO-PAY secara konsisten menggandeng para pengusaha mikro dan memperkenalkan mereka dengan manfaat pembayaran nontunai.

"Kami memiliki tim khusus yang berperan untuk mengedukasi para pelaku UMKM di berbagai kota di Indonesia tentang teknologi pembayaran nontunai. Hal ini menjadi sangat penting bagi kami terutama mengingat bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang bahkan belum tersentuh layanan keuangan formal," kata dia, dalam keterangan tertulis, Jumat (5/4).

Saat ini, GO-PAY telah menggandeng 360.000 rekan usaha di mana hampir 40 persen di antaranya adalah pelaku UMKM. Hingga Maret 2019, sudah ada 40 pasar yang menerima manfaat pembayaran nontunai dengan GO-PAY.

Eliawati menjelaskan bahwa capaian yang dirasakan oleh para pedagang mikro serta upaya untuk memperkenalkan manfaat pembayaran nontunai kepada mereka merupakan bagian dari misi utama GO-PAY, yaitu untuk menjadi jembatan bagi masyarakat menuju layanan jasa keuangan.

"Dengan pencatatan arus kas yang lebih rapi dan transaksi yang lebih efisien dan transparan, kami ingin agar ke depannya para pelaku usaha mikro ini dapat mengakses layanan jasa keuangan formal.

Untuk mendukung upaya tersebut, GO-PAY sendiri sudah dengan bekerja sama 28 institusi keuangan. Diharapkan, kemudahan yang GO-PAY hadirkan dapat dirasakan oleh semakin banyak masyarakat.

Salah satu pasar yang telah menerima pembayaran dengan GO-PAY adalah Modern Town Market Tangerang. Pengelola Modern Town Market Tangerang, Fenny mengungkapkan pihaknya menyambut baik langkah yang dilakukan GOPAY.

"Kami sangat senang dan mengapresiasi kehadiran GO-PAY di Modern Town Market ini. Selain pengunjung jadi lebih mudah dalam berbelanja, para pedagang juga dapat terbantu dengan pencatatan arus kas yang lebih baik dan tidak bingung dengan uang kembalian, serta meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam melayani pelanggan. Bahkan, sebagian dari mereka juga merasakan peningkatan pendapatan yang cukup signifikan," ujarnya.

Hal ini pun diakui langsung oleh Umadani, seorang pedagang ikan asin di Modern Town Market Tangerang yang telah memanfaatkan transaksi nontunai menggunakan GO-PAY selama 3 bulan terakhir.

Pria yang lebih akrab disapa Dani ini mengaku bahwa dia sangat bersemangat untuk menggunakan GO-PAY sejak temannya yang berdagang di Pasar Modern Paramount Serpong sudah lebih dulu menggunakan GO-PAY.

"Awalnya banyak pedagang yang berpikir bahwa menggunakan uang elektronik itu ribet. Namun, setelah menggunakan teknologi yang dikenalkan oleh GO-PAY, kami pun merasakan sendiri berbagai manfaatnya. Salah satu yang terpenting bagi saya adalah tidak repot kembalian dan uang tersimpan aman," ungkapnya.

Dani juga mengaku bahwa dia mengalami peningkatan pemasukan yang cukup signifikan, apalagi melihat bahwa sekarang sudah banyak orang yang menggunakan GO-PAY.

"Langganan saya yang awalnya hanya ada 4 yang bertransaksi pakai GO-PAY, sekarang sudah mencapai 40 orang. Bahkan, ada hari-hari di mana transaksi GO-PAY yang saya terima mencapai satu juta lebih dalam sehari, melebihi transaksi dengan uang tunai," urai Dani. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini