Kementerian PU-PR kebut penyelesaian tol Cisumdawu di Desember 2019

Kamis, 20 September 2018 17:39 Reporter : Merdeka
Kementerian PU-PR kebut penyelesaian tol Cisumdawu di Desember 2019 Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto. ©Liputan6.com/Maulandy Rizki Bayu Kencana

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan proyek pengerjaan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Tol Cisumdawu) bisa rampung lebih cepat bila kendala pembebasan lahan telah terselesaikan. Pihaknya berharap mampu menyelesaikan pengerjaan tol lebih awal dari target yang ditetapkan dalam surat kontrak.

"Kalau pekerjaan bisa dipercepat nilai manfaatnya bisa lebih awal kita terima. Seperti tol Cisumdawu fase 3, secara kontrak kan (ditargetkan) selesai 2020. Moga-moga bisa kita percepat jadi Desember 2019," ungkap Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto, di Jakarta, Kamis (20/9).

Namun begitu, masih ada kendala utama yang harus diselesaikan, yakni terkait pembebasan lahan. Sebab, lanjutnya, proses penyelesaian konstruksi acapkali terhambat akibat masalah ketersediaan lahan.

"Kalau konstruksi itu tergantung kita. Kalau lahan sudah bebas, konstruksi itu tinggal tambah alat dan tambah orang, kan pasti lebih cepet," ucapnya.

Secara progres, dia menyebutkan, pengerjaan Tol Cisumdawu Fase I-III sebenarnya sudah berjalan dengan baik. "Jadi sebenarnya Seksi I sudah ada sekitar 6 Km dari total Cisumdawu Fase I. Sedangkan Fase II yang ada terowongan tinggi itu kan sudah mau selesai juga," ujar dia.

Dia pun berharap, proyek Tol Cisumdawu ini bisa selesai lebih cepat pada tahun mendatang. "Semua diharapkan 2020, atau 2019. 2020 secara kontraktual, tapi harapannya kita selesai 2019," pungkasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini