Kementerian ESDM tegaskan pekerja asing tak akan bebas masuk ke RI

Kamis, 1 Maret 2018 16:56 Reporter : Dwi Aditya Putra
Kementerian ESDM tegaskan pekerja asing tak akan bebas masuk ke RI pekerja asing. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mencabut 11 peraturan pemerintah (Permen) pada Januari lalu. Salah satunya mengenai Permen nomor 31/2013 tentang Penggunaan Tenaga kerja Asing dan Pembinaan Tenaga Kerja Indonesia.

Direktur Pembinaan Usaha Migas Budiyantono mengatakan, dengan dicabutnya Permen nomor 31/2013 bukan berarti tenaga kerja asing bisa masuk begitu saja dan bekerja di sektor migas. Melainkan hanya menyederhanakan prosedur yang nantinya akan diatur oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Dengan demikian, tenaga kerja asing yang masuk tetap mengikuti prosedur yang telah diberikan. Nantinya, seluruh TKA akan tetap mendapatkan dampingan oleh tenaga kerja Indonesia.

"Kalau mau masuk tetap harus dilihat juga. Apakah jabatan terbuka atau tertutup? Kita harapkan agar tenaga kerja masuk ke kita, kita lakukan pendampingan satu sampai dua tahun. Ada peraturan lain tenaga kerja asing yang harus dipatuhi," kata Budiyantono saat Konferensi Pers di Kantor Migas, Jakarta, Kamis, (1/2).

Dia pun menegaskan, penghapusan permen tersebut tidak akan berdampak pada tenaga kerja Indonesia (TKI). Justru nantinya akan tetap mengedepankan tenaga kerja dalam negeri dibandingkan luar negeri.

"Terkait itu, kita ingat kita punya program Indonesianisasi, merah putih harus jelas dalam negeri harus diutamakan. Jadi dengan dicabutnya permen ini tidak berarti tenaga asing bisa masuk," imbuhnya. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini