Jakarta Great Sale 2018 target raup transaksi hanya Rp 4 T, ini sebabnya

Kamis, 12 Juli 2018 20:20 Reporter : Merdeka
great sale. ©2012 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2018 menargetkan nilai transaksi mencapai Rp 4 triliun. Namun angka ini jauh di bawah target transaksi pada tahun sebelumnya yang sebesar Rp 16,5 triliun.

Ketua Pelaksana FJGS 2018, Ellen Hidayat, mengatakan ada sejumlah hal yang membuat target tersebut turun jauh dibandingkan pelaksanaan FJGS 2017. Pertama, terkait dengan waktu pelaksanaan yang lebih singkat.

Jika pada tahun lalu, FJGS digelar selama 6 minggu, pada tahun ini hanya selama 3 minggu, yaitu pada 12 Agustus-4 September 2018. "Kalau dibandingkan tahun lalu, itu selama 6 minggu. Target selama 3 minggu ini Rp 3 triliun-Rp 4 triliun," ujar dia di Jakarta, Kamis (12/7).

Faktor kedua, FJGS tahun ini digelar pada Agustus. Sedangkan, pada tahun lalu dilaksanakan pada Juni di mana ada momen Lebaran dan tahun ajaran baru sehingga tingkat belanja masyarakat cukup tinggi.

"Ini biasanya di dalam dunia ritel puncaknya itu di Lebaran, tahun ajaran baru, setelah itu landai. Ini kita sudah miss opportunity setelah Lebaran. Kita ikuti tanggal Asian Games," kata dia.

Meski target ini jauh lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, namun menurut Ellen, yang ingin dicapai dari pelaksanaan FJGS ini bukan semata-mata besaran nilai transaksi. Melainkan mengemas ajang ini sebaik mungkin untuk memperkenalkan wisata belanja di Jakarta kepada para tamu Asian Games.

"Angka ini menurut kami bukan masalah nomor 1, tapi spirit kita sebagai warga negara agar Asian Games sukses. Rp 3 triliun-Rp 4 triliun dalam 3 minggu ini termasuk angka yang besar. Makanya proyeksi lebih konservatif. Semoga angga ini bisa tercapai dan melampaui yang diharapkan," tandas dia.

Reporter: Septian Deny
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini