Jadi bos Danareksa, Arief Budiman disiapkan pimpin holding BUMN jasa keuangan

Kamis, 13 September 2018 18:18 Reporter : Merdeka
Jadi bos Danareksa, Arief Budiman disiapkan pimpin holding BUMN jasa keuangan Arief Budiman. matanews.com

Merdeka.com - Perombakan direksi Garuda Indonesia nampaknya telah berujung pada perombakan beberapa perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya, seperti Pertamina dan Danareksa.

Menteri BUMN Rini Soemarno telah menunjuk Arief Budiman sebagai Direktur Utama PT Danareksa (Persero). Arief sendiri, sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero).

Nampaknya, penempatan Arief di Danareksa merupakan rencana jangka panjang Menteri Rini dalam mensukseskan pembentukan holding industri jasa keuangan.

"Pak Arief memang disiapkan untuk holding industri jasa keuangan," kata Deputi Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno di kantornya, Kamis (13/9).

Banyak hal yang menjadi pertimbangan dipilihnya Arief untuk mempersiapkan holding industri jasa keuangan. Pertama, pengalaman sukses Arief di holding migas bersama Pertamina bisa menjadi modal pembentukan holding industri jasa keuangan. Kedua, Arief juga memiliki pengalaman sukses di perusahaan konsultan menejemen multinasional McKinsey.

Seperti diketahui sebelumnya, hari ini telah dilakukan penyerahan Surat Keputusan Direktur Utama baru PT Danareksa (Persero) oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Arief Budiman menggantikan posisi Heru D. Adhiningrat, yang telah menjabat sebagai Direktur Utama PT Danareksa (Persero) selama 9 tahun.

Adapun keputusan pergantian Direktur Utama tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Danareksa Nomor SK – 241/MBU/09/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Danareksa tertanggal 13 September 2018.

Dikutip dari surat keputusan tersebut menyebutkan memberhentikan dengan hormat Heru D. Adhiningrat sebagai Direktur Utama PT Danareksa (Persero) dengan ucapan terimakasih atas segala sumbangan dan fikirannya selama memangku jabatan tersebut.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6.com [azz]

Topik berita Terkait:
  1. BUMN
  2. Holding BUMN
  3. Jakarta
  4. Reksadana
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini