Investor Pasar Modal Syariah Naik 55 Persen Selama Pandemi, Mayoritas Milenial

Rabu, 10 Februari 2021 14:55 Reporter : Dwi Aditya Putra
Investor Pasar Modal Syariah Naik 55 Persen Selama Pandemi, Mayoritas Milenial syariah. shutterstock

Merdeka.com - Direktur Eksekutif Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Ventje Rrahardjo menyebut, selama masa pandemi Covid-19 investor di pasar modal Indonesia naik sebanyak 55 persen. Dari jumlah tersebut kebanyakan didominasi oleh milenial.

"Investor di pasar modal di musim pandemi naik 55 persen. Sektor ritel jitu jadi lifestyle anak muda," katanya dalam Sosialisasi Brand Ekonomi Syariah dan Panduan Penggunaannya, secara virtual, Rabu (10/2).

Dia mengatakan, rata-rata investor anak muda tersebut kebanyakan menyasar saham-saham syariah. "Jadi beli sahamnya yang syariah juga," katanya.

2 dari 2 halaman

Investor Pasar Modal 3,8 Juta Akhir 2020

modal 38 juta akhir 2020

Sebelumnya, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Inarno Djajadi, mencatat jumlah investor pasar modal Indonesia meningkat pesat di tengah kondisi pandemi Covid-19. Di mana, berdasarkan data KSEI per tanggal 29 Desember 2020, naik lebih dari 50 persen menjadi 3.871.248 dari sebelumnya 2.484.354 pada akhir 2019.

"Peningkatan jumlah investor tersebut salah satunya juga didukung dengan adanya proses digitalisasi di pasar modal indonesia, khususnya untuk proses pembukaan rekening investasi," kata dia dalam penutupan Perdagangan BEI 2020, Rabu (30/12).

Inarno menyebut peran platform financial technology (fintech) semakin penting untuk pembukaan rekening investasi di pasar modal. Hal ini didukung dengan data bahwa lebih dari 50 persen investor memiliki rekening investasi di Selling Agent Fintech.

Penggunaan platform digital tersebut sejalan dengan karakteristik investor pasar modal yang terus bergerak ke usia muda. Berdasarkan data KSEI per 29 Desember 2020, jumlah investor berusia di bawah 30 tahun dan 30 sampai dengan 40 tahun telah mencapai lebih dari 70 persen.

Baca juga:
Bank Syariah Indonesia Didorong Jadi Contoh untuk Bisnis Kecil
Erick Thohir Dibisiki Presiden Jokowi Soal BSI: Logonya Bagus, Usaha Harus Bagus
Per 22 Januari 2021, BEI Catat 426 Saham Syariah Lakukan IPO
Bos BEI: Bank Syariah Indonesia Pilihan Investasi Saham Menarik
Bos OJK Apresiasi Pembentukan BSI: Raksasa Syariah Telah Hadir
Transaksi Pakai Dinar-Dirham, Ini 7 Fakta Terbaru Pasar Muamalah Depok
Bank Syariah Indonesia Bakal Perkuat Implementasi Prinsip Keuangan Berkelanjutan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini