Ini strategi Sri Mulyani antisipasi dampak perang dagang AS-China

Selasa, 25 September 2018 18:02 Reporter : Purnomo Edi
Ini strategi Sri Mulyani antisipasi dampak perang dagang AS-China Sri Mulyani. ©AFP PHOTO/KAZUHIRO Nogi

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China akan berdampak pada ekonomi dunia akan berdampak pada ekonomi dunia, terutama bagi perekonomian Indonesia.

Dia menuturkan, setiap negara, utamanya Indonesia, harus bisa memahami dinamika dari perang dagang AS-China. Masing-masing negara juga harus waspada pada implikasi dan dampak dari perang dagang dua negara adikuasa itu.

"Ini (perang dagang AS-China) menempatkan setiap negara perlu untuk memahami dinamika itu dan implikasinya bagi ekonomi masing-masing. Bagaimana pengaruhnya terhadap kemampuan negara untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan rakyatnya menghadapi guncangan ini," ujar Sri Mulyani usai menjadi keynote speaker di ASEAN Valuers Association Congress di Yogyakarta, Selasa (25/9).

Dia mengatakan masing-masing negara musti melakukan respon dengan tepat terhadap perang dagang yang terjadi. Respon yang tepat bisa dilakukan jika memahami dinamika perang dagang yang terjadi secara utuh dan seksama.

"Para policy maker harus melakukan policy untuk menyesuaikan terhadap perubahan ini. Untuk ekonomi-ekonomi yang mengalami defisit dalam neraca pembayarannya dia perlu untuk menjaga agar ketahanan ekonominya menjadi meningkat," urai Sri Mulyani.

Dia menambahkan, perang dagang AS dengan China pun juga diantisipasi oleh pemerintah Indonesia dengan beberapa cara. Di antaranya dengan melakukan pengelolaan kebijakan import dan mendorong eksport.

"Kita mencoba untuk mendukung ekspor lebih banyak. Menciptakan lingkungan investasi agar tetap terjaga, dan juga agar impor bisa dikelola sehingga tidak menimbulkan dinamika (resiko) yang terlalu besar," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini