Ini pesan Menteri Rini kepada IPC dalam majukan pelabuhan

Jumat, 10 Februari 2017 17:02 Reporter : Anggun P. Situmorang
Ini pesan Menteri Rini kepada IPC dalam majukan pelabuhan Menteri Rini di Pelindo II. Istimewa ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri BUMN, Rini Soemarno secara resmi membuka kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC di IPC Corporate University, Ciawi, Bogor. Rakernas yang dilaksanakan pada 9-10 Februari 2017 yang mengangkat tema 'Enhancement IPC Menuju Kinerja Unggul' ini merupakan aktivitas rutin IPC untuk melakukan evaluasi terhadap pencapaian tahun 2016.

Rakernas IPC sekaligus menjadi cara perusahaan mempererat komunikasi internal antara Direksi IPC dengan manajemen anak perusahaan, cabang pelabuhan dan divisi-divisi dalam menyampaikan informasi atas perkembangan perusahaan. Selain itu, rapat juga sekaligus untuk mendengar arahan dari Direksi IPC dan Focus Group Discussion (FGD) terkait dengan program-program peningkatan tata kelola perusahaan (GCG), optimalisasi pendapatan dan biaya perusahaan.

"BUMN harus berfungsi sebagai value creator dan agent of development untuk dapat lebih optimal dalam kehadirannya untuk negeri melalui sinergi dan kemitraan," pesan Rini Soemarno dalam Rakernas ini.

Menyikapi permintaan menteri BUMN, IPC telah menetapkan target perusahaan hingga 2020. Selain itu, direksi juga telah menetapkan target kinerja IPC tahun 2017. Target ini seperti trafik petikemas 6,8 juta TEUs, pendapatan Rp 10,5 triliun, EBITDA Rp 3,6 triliun, total aset Rp 52 triliun, dan CAPEX R p 4,6 triliun (murni, tanpa equity participation).

"Perusahaan telah menetapkan corporate roadmap yang sejalan dengan visi baru untuk menjadi pengelola pelabuhan berkelas dunia, yang unggul dalam operasional dan pelayanan. Fase fit in infrastructure secara komprehensif diselesaikan pada tahun 2016 sebagai fondasi yang solid, untuk dilanjutkan dengan fase enhancement pada tahun 2017," ujar Direktur Utama IPC, Elvyn G. Masassya.

Menurut Elvyn, tahun 2017 ini merupakan tahun enhancement, perusahaan secara komprehensif akan meneruskan transformasi untuk memperkuat dan mengembangkan bisnis di atas fondasi yang telah dibangun pada periode sebelumnya. Perbaikan dan peningkatan dalam aspek operasional dan pelayanan, termasuk pengadaan, modernisasi alat, dan program pemasaran.

Selanjutnya pengembangan anak perusahaan, pembangunan infrastruktur pada pelabuhan-pelabuhan baru, dukungan aktif terhadap program pemerintah untuk pembentukan holding, dan penguatan dan pengembangan usaha akan menjadi benang merah perusahaan di tahun 2017.

"Dalam mencapai target perusahaan yang ditetapkan dengan paradigma dan platform baru tersebut pun, sangat penting bagi organisasi ini untuk menggunakan cara-cara yang luar biasa dalam membangun dan mengembangkan kebiasaan dan budaya kolaboratif dalam teamwork antar unit-unit dan fungsi-fungsi terkait sekaligus menghilangkan silo/sekat-sekat antar unit dan fungsi untuk harmonisasi dan alignment dalam arti luas," tutup Elvyn [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini