Ini dia poin-poin roadmap revolusi industri 4.0 yang diserahkan Airlangga ke Jokowi

Rabu, 4 April 2018 17:14 Reporter : Rohimat Nurbaya
Ini dia poin-poin roadmap revolusi industri 4.0 yang diserahkan Airlangga ke Jokowi Airlangga Hartarto. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan roadmap atau peta jalan revolusi industri 4.0 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Roadmap itu berisi mengenai strategi Indonesia dalam memasuki era industri digital.

Menurut Airlangga, roadmap yang diserahkan pada Jokowi itu ada sepuluh langkah. Beberapa di antaranya adalah soal infrastruktur, industri kecil dan menengah, serta e-commerce platform.

"Kalau dulu yang besar bisa bersaing, dalam konteks era globalisasi. Kalau pabriknya besar itu bisa bersaing," kata Airlangga saat peluncuran peta jalan Making Indonesia 4.0 di Jakarta Convention Center, Senayan, Rabu 4 April 2018.

Dia mengatakan, di era ekonomi digital,produsen yang volume produksinya kecil tetap bisa bersaing, karena penjualannya menggunakan platform digital.

Sementara ini ada lima sektor yang merupakan industri paling diminati di seluruh dunia, yakni tekstil dan sepatu, elektronik, otomotif, industri kimia, serta industri makanan dan minuman. "Jadi 48 persen ekonomi dunia itu demand ada di 10 sektor dan ada lima tadi yang tadi saya sebut," ujar Airlangga.

Airlangga yakin, lima sektor industri itu akan menjadi pendorong ekonomi di Indonesia. "Seperti tadi yang disebut Pak Presiden akan melompat 3.000 kali lipat," tuturnya. Dia meyakini hal itu bisa menaikkan pertumbuhan Indonesia 2 sampai 3 persen.

Airlangga menambahkan, saat ini negara lain masih tahap awal untuk memulai industri 4.0. Misalnya Jerman baru 3 tahun memulai, Amerika Serikat baru mulai.

Kemudian di ASEAN baru Thailand, dan Singapura. Lalu Malaysia baru menyiapkan, dan Jepang sudah lebih canggih dari Indonesia soal revolusi industri 4.0 ini. "Dengan roadmap Making Indonesia 4.0 ini, saya rasa kita bangsa Indonesia bisa mengejar," ucapnya. [esy]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini