GIIAS Surabaya Auto Show 2018 tampilkan teknologi otomotif tercanggih terkini

Jumat, 14 September 2018 18:13 Reporter : Mohamad Taufik
booth daihatsu di giias 2018. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemeran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2018 akan menghadirkan inovasi dan teknologi tercanggih saat ini. Ada 70 exibitors, mencakup di dalamnya merek kendaraan dan sepeda motor ternama dari Agen Pemegang Merek (APM) yang terdiri dari 11 merek kendaraan penumpang, 4 merek sepeda motor dan puluhan merek industri pendukung otomotif hadir dalam pameran otomotif ini.

Selain menampilkan industri otomotif mobil dan motor, GIIAS Surabaya Auto Show ini juga akan menampilkan Festival Otomotif Jawa Timur yang merupakan pameran kreatif inovatif di bidang otomotif karya anak bangsa. Festival ini terbagi dalam lima zona, antara lain; zona teknologi di mana akan diisi oleh produk karya mahasiswa Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya; kemudian zona kreatif akan diisi berbagai builder, cafe dan fashion otomotif; lalu zona komponen lokal yang diikuti oleh mitra dan binaan UPT Logam Dinas perindustrian dan perdagangan Provinsi Jawa Timur.

Berikutnya zona karoseri (multiguna/produktif) yang diikuti oleh mitra Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur. Terakhir zona safety driving dimana Polantas Polrestabes Kota Surabaya yang akan memamerkan dan mensosialisasikan kampanye safety driving untuk roda empat dan roda dua.

"Konsep zona ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi industri kreatif lokal khususnya pada bidang otomotif yang inovatif. Hal itu merupakan bentuk apresiasi terhadap karya anak bangsa yang dapat meningkatkan kretivitas dalam penggunaan teknologi dalam bidang otomotif," kata Direktur GIIAS Kota Surabaya, Yusuf Karim Ungsi, Jumat (14/09).

GIIAS Surabaya Auto Show 2018 tahun ini akan digelar selama sembilan hari, mulai 15 hingga 23 September 2018 di Grand City Convex Surabaya. Pameran berskala internasional tahunan ini juga bakal digelar lebih lama dibanding tahun-tahun lalu yang biasanya berlangsung selama lima hari. GIIAS Surabaya Auto Show kali ini merupakan tahun ke empat digelar di Surabaya.

Yusuf menjelaskan, potensi pengunjung pameran tahun ini diperkirakan 50 ribu orang. Sementara potensi transaksi penjualan sebanyak 1200 unit. Namun dia menegaskan, tapi target ivent bukan angka-angka penjualan seperti itu. "Tidak semata-mata target angka. Tapi bagaimana kenyamanan pengunjung, mendekatkan produsen dan konsumen. Yang penting tahu. Kalau sekadar penjualan, sekarang sudah ada dealer-dealer di Surabaya," ujarnya.

Sekretaris Gabungan Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara, menjelaskan pameran GIIAS Auto Show kali ini digelar di empat wilayah. Pertama dibuka di BSD City Kota Tangerang Selatan bulan kemarin, kemudian di Celebes Konvention Center Kota Makassar, lalu di Grand City Convec Kota Surabaya, selanjutnya di Santika Convention Center Kota Medan.

Kukuh menjelaskan, pemilihan Kota Surabaya sebagai pelaksana rangkaian GIIAS karena Jawa Timur merupakan salah satu provinsi penting di kaca mata industri otomotif. Jawa Timur tahun ini menempati rangking ke tiga setelah Jawa Barat dan DKI Jakarta untuk penjualan dan pembelian produk industri otomotif.

"Hal ini menjadi pertimbangan penting Gaikindo untuk tetap fokus menyelenggarakan rangkaian GIIAS di Surabaya. Hal ini mewakili semangat Gaikindo untuk membantu dan membesarkan industri otomotif Indonesia menuju masa depan, baik untuk pelaku industri di kota-kota besar lainnya," kata Kukuh.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini