ESDM Manfaatkan Satelit Lapan Pantau Reklamasi Tambang

Jumat, 13 September 2019 20:30 Reporter : Merdeka
ESDM Manfaatkan Satelit Lapan Pantau Reklamasi Tambang tambang. shutterstock

Merdeka.com - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggandeng Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) untuk memantau proses reklamasi pasca pertambangan.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Bambang Gatot mengatakan, pihaknya akan menggunakan data satelit untuk memantau reklamasi‎ pasca tambang secara akurat, dengan menggandeng Lapan.

"Reklamasi remote pengawasan reklamasi berdasarkan data satelit bekerjasama dengan Lapan," kata Bambang, di Bandung, Jumat (13/9).

Menurut Bambang, selama ini pihaknya telah memantau proses reklamasi pasca tambang dengan memanfaatkan teknologi digital melalui aplikasi Google Maps. Namun, data yang didapat kurang akurat.

"Kadang saya cek karena nggak punya alat saya cek pakai Google Maps meski nggak update. Tapi itu bisa saya lihat itu baru Google yang gratis‎," tuturnya.

Bambang yakin, dengan menggunakan pemantauan data satelit Lapan, pemantauan pelaksanaan reklamasi pasca tambang akan lebih akurat. Sehingga pelaksanaan tanggung jawab perusahaan bisa dilakukan dengan baik.

"Apalagi kerja sama dengan Lapan, kalau reklamasi yang muter muter ini sudah jalan atau belum kelihatan," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. ESDM
  2. Tambang
  3. Reklamasi
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini