Di 2021, Harga Gas Sei Mengkei Turun di Bawah USD 10 per MMBTu

Selasa, 26 Februari 2019 21:36 Reporter : Dwi Aditya Putra
Di 2021, Harga Gas Sei Mengkei Turun di Bawah USD 10 per MMBTu pipa gas. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Djoko Siswanto dan Direktur Utama Pertamina Gas (Pertagas) Wiko Migantoro, di Kantornya, Jakarta. Pertemuan ini dilakukan terkait kondisi harga gas di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Sumatera Utara.

Djoko mengatakan dalam pertemuan tersebut, pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga gas KEK Sei Mangkei, Sumatera Utara. Rencananya, penurunan tersebut akan dilakukan pada 2021 mendatang.

Djoko menyebut harga gas di kawasan ekonomi khusus tersebut saat ini berada di kisaran angka USD 10,48 per MMBTu. Kemudian rencanannya diturunkan di bawah USD 10 per MMBTu.

"Jadi sampai dengan tahun depan harga sesuai yang sudah terkontrak sampai akhir 2020. Setelah itu gas turun di bawah USD 10 (rencananya) sekarang harga USD 10,48," jelasnya saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (26/2)

Djoko menyampaikan penurunan tersebut juga telah didukung dengan turunnya biaya operating dan maintenance pipa (ONM), transport di lokasi tersebut. "Ya biaya ONM-nya turun, transport," imbuhya.

Di tempat yang sama, Wiko menambahkan dengan adanya penurunan harga gas tersebut diharapkan supply gas bisa meningkat jadi 60 MMSCDF. Sebab, saat ini angka supply masih berada di angka 2,5 MMSCDF.

"Kita berharap demandnya makin tumbuhlah dengan harga begini. Sekarang baru 2,5 mmscfd (supply Pertagas untuk KEK Sei Mangkei). Katanya yang punya kawasan (kenaikan) bisa sampai 60 MMSCDF," pungkasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini