Dana pemulihan Blok East Kalimantan tak lagi jadi tanggung jawab Chevron

Jumat, 23 Februari 2018 20:52 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Dana pemulihan Blok East Kalimantan tak lagi jadi tanggung jawab Chevron Chevron. EUTERS/Mario Anzuoni

Merdeka.com - Pemerintah melalui, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memutuskan bahwa dana pemulihan tambang atau Abandonment Site Restoration (ASR) di blok terminasi East Kalimantan ditanggung oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang baru.

Seperti diketahui, blok terminasi East Kalimantan dikelola oleh Chevron Indonesia, di mana kontrak pengelolaan tersebut akan berakhir pada Oktober 2018.

"Sudah selesai (kontrak Chevron), operator (KKKS) baru yang akan menanggung ASR," kata Wakil Menteri ESDM) Arcandra Tahar dalam bincang-bincang bersama jurnalis di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (23/2).

Nantinya, KKKS akan menyediakan pencadangan dana atau dengan cara dicicil. Hal tersebut dilakukan supaya KKKS baru yang mengelola blok terminasi East Kalimantan tak terlalu terbebani.

"Pokoknya mereka (KKKS yang baru) mulai menabung ASR-nya. (Dana dari Chevron untuk ASR) Belum ada kan. Cukup tidak (Chevron) menabung dari sekarang, enggak lah," imbuhnya.

Arcandra menyebut, aturan terkait dana ASR yang dibebankan ke KKKS baru tersebut akan dituangkan dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM yang saat ini telah selesai dibahas. "Saat ini (Permen ESDM) masih di Kemenkumham," tegas Arcandra. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini