Dampak Banjir di Awal Tahun 2020 ke Aktivitas Bisnis Jakarta

Kamis, 2 Januari 2020 06:00 Reporter : Syifa Hanifah
Dampak Banjir di Awal Tahun 2020 ke Aktivitas Bisnis Jakarta Banjir di Pool Taksi Blue Bird. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Wilayah Jakarta dan sekitarnya tergenang banjir akibat hujan yang mengguyur sejak Selasa malam (31/12) sampai Rabu (1/1) siang. Akibatnya, aktivitas bisnis lumpuh karena berbagai akses lalu lintas terganggu dan pemadaman listrik untuk menghindari korsleting.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, kejadian banjir terimbas terhadap berbagai aktivitas bisnis di Jakarta dan sekitarnya. Termasuk arus logistik juga terganggu, mengingat beberapa kawasan ruas tol juga terkena banjir.

"Hari libur tahun baru seperti ini biasanya omzet restoran, kafe, pusat perbelanjaan termasuk UKM di tempat tujuan wisata biasanya naik, namun dengan banjir ini praktis omzet menurun," kata Sarman melalui keterangan resminya, Rabu (1/1).

Sarman berharap banjir bisa cepat surut, sehingga dalam sisa waktu liburan sampai tanggal 5 Januari geliat ekonomi bisa bergairah kembali.

Berikut ini dampak banjir bagi perekonomian Jakarta dan sekitarnya:

1 dari 5 halaman

Pool Taksi Blue Bird Terendam Banjir

Banjir yang melanda sejumlah titik di DKI Jakarta juga merendam kawasan pool taksi Blue Bird di Kramat Jati, belakang Pasar Hek, Jalan Pondok Gede, Jakarta Timur. Puluhan mobil taksi kelelep sampai atap setelah Pool Blue Bird diterjang banjir akibat dilanda hujan sejak Selasa (31/12) malam.

Lokasi pool taksi yang tertutup dan berada di cekungan membuat luapan air dari Kali Cipinang tak mempunyai akses pembuangan. Limpahan air bercampur sampah membuat pintu depan pool taksi tersendat.

Sementara itu, Direktur Marketing PT Blue Bird, Amelia Nasution mengatakan pihaknya fokus melakukan evakuasi dan pendataan terhadap unit operasional yang terdampak dari banjir ini.

"Hari ini Bluebird tetap memberikan layanan kepada masyarakat melalui pool-pool dan unit layanan yang tidak terkena dampak banjir," jelas dia dalam keterangannya, Rabu (1/1).

2 dari 5 halaman

Mal Cipinang Indah Kebanjiran

Mal Cipinang Indah, Jakarta Timur turut kena imbas banjir. Air menggenang tinggi sekitar 50 sentimeter. Pantauan Liputan6.com, Rabu (1/1), hingga pukul 12.00 WIB air belum menunjukan tanda-tanda surut.

Pintu masuk yang berada di bagian atas pun ramai pemilik toko yang bermaksud menyelamatkan barang dagangan. Dari kondisi banjir, basement tempat parkir mobil dan lantai LG tampak terendam tinggi.

Salah satu pegawai restoran yang enggan disebut namanya mengatakan, untuk masuk ke mal harus melakukan pendataan terlebih dahulu. "Diantar security nanti," katanya di lokasi.

Tampak petugas keamanan mengantar rombongan pihak toko handphone menerobos air untuk masuk lewat pintu darurat mal. Dia pun bergantian berjaga agar tidak ada orang yang tidak bertanggung jawab masuk ke mall tanpa sepengetahuan keamanan.

3 dari 5 halaman

Bandara Halim Ditutup Sementara

Banjir juga berdampak pada transportasi, seperti transportasi udara di mana layanan penerbangan Bandara Halim Perdanakusuma ditutup sementara pada Rabu (1/1) untuk alasan keamanan dan keselamatan.

Kondisi Bandara Halim tadi pagi, air setinggi 30cm menggenangi runway. Area bandara yang tergenang kurang lebih 500 m. Banjir juga menggenangi area di luar bandara yang membuat penumpang sulit untuk mengakses ke Bandar Udara Halim Perdana Kusuma.

Kini, Bandara Halim Perdanakusuma dibuka kembali usai tutup sementara karena banjir. Ini diungkapkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti saat dikonfirmasi Liputan6.com.

"Sudah," ujar dia, Rabu (1/1).

4 dari 5 halaman

Sejumlah Jalan Tol Masih Ditutup

Sejumlah jalan tol di Jakarta dan sekitarnya ditutup akibat banjir. Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, pihaknya masih menutup sejumlah jalan tol akibat genangan air yang masih ada.

"Km 14 arah Bandara Soekarno-Hatta maupun arah Semanggi saat ini ditutup sementara, lalu lintas dialihkan melewati Tanjung Priok atau Jalan Tol Wiyoto Wiyono," kata Heru, Rabu (1/1).

Selain itu, Simpang Susun Cawang terdapat genangan di terowongan Cawang ke arah Jalan Tol Jagorawi. Kendaraan dari arah Cawang dialihkan ke Tanjung Priok atau Jalan Tol Wiyoto.

"Kendaraan dari arah Bekasi menuju Tanjung Priok dialihkan ke Jalan Tol Dalam Kota," ungkap Heru.

Sementara itu, Gerbang Tol (GT) Tanjung Duren dibuka, dan seluruh gardu beroperasi penuh. "GT Cikunir 4 arah Bintara dibuka, sedangkan untuk arah Jatiasih masih ditutup," jelas Heru.

Sedangkan untuk di Tol Jagorawi, genangan ada yang telah surut. "Genangan air di KM 03 arah Bogor maupun arah Jakarta saat ini telah surut dan telah dapat dilalui 4 lajur kendaraan," katanya.

5 dari 5 halaman

7 SPBU Pertamina Sementara Tak Beroperasi

Akibat banjir menggenang Jakarta berakibat pada beberapa SPBU tidak beroperasi karena akses jalan di sekitar SPBU tergenang air.

Unit Manager Communication Relation & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami menyatakan, listrik di beberapa SPBU juga dimatikan untuk menjaga keamanan dan keselamatan, imbas genangan.

"Beberapa jaringan listrik dimatikan, karena faktor safety. Namun demikian, saat ini warga Jakarta juga tidak banyak beraktivitas karena akses jalan terhambat," kata Dewi melalui keterangan resminya, Rabu (1/1).

Beberapa SPBU yang untuk sementara tidak beroperasi di antaranya:

1. SPBU 3411704 di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat,

2. SPBU 3411705 di Jalan Duri Kosambi, Jakarta Barat,

3. SPBU 3411502 di Jalan Panjang Kebon Jeruk, Jakarta Barat,

4. SPBU 3110702 di Jalan H. Samanhudi, Sawah Besar, Jakarta Pusat,

5. SPBU 3410507 di Jalan Cempaka Putih, Jakarta Pusat,

6. SPBU 3413202, di Pulogadung, Jakarta Timur,

7. SPBU 3413205 di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jakarta Timur. [dan]

Baca juga:
Banjir Lumpuhkan Mal Cipinang Indah
Ruas Tol Dalam Kota Depan Kampus Trisakti Ditutup Akibat Banjir
Air Ciliwung Mulai Meluap, Banjir di Kampung Pulo Jaktim Makin Tinggi
Sejarah Banjir Jakarta dari Era Coen sampai Gubernur Anies
Pemerintah Gratiskan Tarif Tol Dalam Kota Sampai Besok

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini