CIMB Niaga kucurkan Rp 2 triliun untuk bangun LRT

Selasa, 29 Agustus 2017 19:40 Reporter : Rizky Andwika
CIMB Niaga kucurkan Rp 2 triliun untuk bangun LRT CIMB Niaga. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengatakan CIMB Niaga telah siap mengucurkan dana untuk proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek). Dana yang akan digelontorkan sebesar Rp 2 triliun.

"Itu ada dari CIMB Niaga mau masuk. Tadi sudah bilang. Ada Rp 2 triliun," kata Luhut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/8).

Selain CIMB Niaga, Luhut sebelumnya telah memastikan investor asal Singapura telah pula memastikan akan mengucurkan dana sebesar Rp 2 triliun. CIMB Niaga sendiri merupakan perusahaan merger Bank Lippo dan CIMB Grup Holding dari Malaysia.

"(Yang Singapura) Iya, Rp 2 triliun," ujarnya.

Sebelumnya, Menko Luhut menyebutkan ada investor asal Singapura berminat mendanai pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek). Belum ada kesepakatan resmi, dia mengatakan investor tersebut telah mengajukan penawaran pendanaan sebesar Rp 2 triliun.

Jumlah ini otomatis akan membuat pendanaan dari perbankan dalam negeri akan berkurang. Adapun dana perbankan yang rencananya dibutuhkan dalam pembiayaan pembangunan LRT Jabodebek mencapai Rp 18-19 triliun.

"Jadi dengan itu, penyertaan modal dari bank lokal akan turun. Itu akan mancing swasta untuk masuk. Jadi porsi bank lokal nanti jadi berkurang Rp 2 triliun itu," kata Menko Luhut di Gedung Kemenko Maritim, Jakarta, Senin (28/8).

Namun demikian, Menko Luhut masih enggan menyebutkan nama investor asal Singapura tersebut.

"Bahas masih detail-detail karena ini pertama kali bikin LRT. Jadi peraturan pendukungnya banyak yang belum ada. Jadi mesti dibuat supaya lancar. Karena ini akan jadi copy paste untuk LRT lainnya," pungkasnya. [sau]

Baca juga:
Muliaman ungkap alasan produk UKM Indonesia tak laku di dunia
Strategi Bank Sinarmas tingkatkan literasi dan inklusi keuangan RI

Presiden Jokowi minta perbankan turunkan suku bunga kredit

Bos BI perkirakan bunga kredit bank turun di awal 2018

BI bentuk satgas antisipasi dampak gangguan satelit Telkom

Dampak gangguan satelit Telkom, penarikan atm gratis hingga biaya Rp 70 M

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini