Cetak rekor, jumlah investor pasar modal Indonesia tembus 1 juta

Jumat, 11 Agustus 2017 19:01 Reporter : Anggie Ariesta
Cetak rekor, jumlah investor pasar modal Indonesia tembus 1 juta Bursa Saham. REUTERS/Daniel Munoz

Merdeka.com - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat peningkatan jumlah investor melalui Single Investor Identification (SID) sebesar 14,7 persen. Jumlahnya naik dari 894.116 SID di akhir 2016 menjadi 1.025.414 ‎SID per Juli 2017.

"Per Juli 2017, KSEI mencatat rekor baru jumlah investor pasar modal Indonesia yang telah menembus angka 1 juta. Jumlah tersebut merupakan jumlah SID terkonsolidasi yang terdiri dari investor pemilik saham, surat utang, reksa dana, Surat Berharga Negara (SBN) dan efek lain yang tercatat di KSEI," ujar Direktur Utama KSEI, Frederica Widyasari Dewi di Gedung BEI, Jakarta, Jum'at (11/8).

Dari segi demografi, profil investor yang tercatat sebagian besar merupakan anak muda. "Per tanggal 31 Juli 2017 sebagian besar merupakan investor berusia 21 sampai 30 tahun dan investor berusia 31 sampai 40 yang masing-masing sebesar 25 persen dan di dominasi oleh investor dengan jenis kelamin laki-laki sebanyak 59 persen," jelasnya.

Secara komposisi, sebagian besar investor pasar modal Indonesia merupakan investor perorangan lokal. "Dengan jumlah mencapai 993.181 investor atau 96 persen dari total jumlah investor," ungkapnya.

Perlu diketahui jumlah investor perorangan lokal tersebut mengalami peningkatan sebesar 109 persen dari 475.112 investor di periode sama tahun sebelumnya. [idr]

Baca juga:
BEI: Tak ada penurunan daya beli, masyarakat kini pilih investasi
PT Tiga Pilar buka-bukaan mengenai kasus beras oplosan PT IBU
Bos BEI soal redenominasi: Seharusnya pemerintah lakukan diam-diam
Kata BEI soal anjloknya saham PT Tiga Pilar usai kasus beras oplosan
Bos BEI sindir anggota Kadin baru sedikit melantai di bursa saham

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini