Catat Cara Mendapatkan Uang Baru Rp75.000, Edisi Spesial HUT ke-75 RI

Senin, 17 Agustus 2020 12:40 Reporter : Merdeka
Catat Cara Mendapatkan Uang Baru Rp75.000, Edisi Spesial HUT ke-75 RI BI luncurkan uang baru pecahan 75.000. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Bertepatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia tahun ini, Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan merilis uang baru pecahan Rp75.000. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pecahan mata uang ini berbentuk kertas dengan nominal Rp75.000. Jumlah yang akan dicetak sebanyak 75 juta lembar. Uang ini resmi menjadi alat pembayaran yang sah.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menjelaskan cara mendapatkan uang baru ini. "Kami telah mendistribusikan uang peringatan kemerdekaan ke - 75 tahun RI ini ke seluruh kantor BI, dan masyarakat dapat segera melakukan penukaran melalui Online yang sudah kami siapkan per hari ini sejalan protokol covid," ungkapnya pada Senin, (17/8).

Berdasarkan informasi dari BI, berikut langkah-langkah memesan uang baru ini mulai tanggal 18 Agustus 2020:

a. Melakukan penukaran melalui preorder ke portal BI, yaitu https//pintar.bi.go.id untuk mendapatkan jadwal penukaran

b. Setiap satu No. KTP dapat menukarkan 1 lembar uang emisi khusus dengan harga Rp 75.000

cara penukaran uang baru 75000

Penukaran dapat dilakukan paling cepat 1 hari setelah pemesanan dilakukan, sepanjang kapasitas penukaran UPK 75 Tahun RI pada waktu dan lokasi yang dipilih masih tersedia.

Perry menuturkan, ke depannya penerbitan uang baru dalam rangka peringatan kemerdekaan akan dilakukan setiap 25 tahun sekali. Uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI ini secara resmi dikeluarkan dan diedarkan sebagai alat pembayaran yang sah atau legal tender.

Uang peringatan 75 tahun kemerdekaan RI ini juga merupakan uang peringatan memorandum note sebagai persembahan kebahagiaan kepada masyarakat dan bangsa.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Uang Baru Rp75.000

Penerbitan mata uang baru ini sebagai bentuk syukur atas usia Republik Indonesia yang kini menginjak 75 tahun. Meskipun saat dalam kondisi menghadapi wabah Covid-19.

Bentuk syukur terlukis melalui gambar yang tertera di mata uang Rp75.000. Yakni peristiwa pengibaran bendera pada saat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945. Menampilkan foto proklamator Soekarno-Hatta serta gunungan. Di mana gambar tersebut memiliki filosofi sebagai pembuka dan permulaan lembar baru bagi negara kesatuan Republik Indonesia yang baru saja diproklamasikan.

Rupiah bukan hanya digunakan sebagai alat tukar saja, tapi juga sebagai simbol identitas dan karakteristik Indonesia. Adapun uang ini memiliki 3 tema dan makna filosofi, yaitu mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan dan menyongsong masa depan.

Reporter Magang : Brigitta Belia [noe]

Baca juga:
Publikasi Uang Baru Rp75 Ribu di MRT Dianggap Simbol Pencapaian Infrastruktur
Diluncurkan Saat Pandemi, Fungsi Pemulihan Ekonomi Uang Baru Rp 75.000 Dipertanyakan
Ini Makna Gambar Pada Uang Kertas Rp75.000 Edisi Khusus HUT RI
Bank Indonesia: Uang Peringatan Kemerdekaan RI Dikeluarkan 25 Tahun Sekali
Ini Bentuk Uang Baru Rp75.000 yang Resmi Diterbitkan BI dan Kemenkeu di HUT ke-75 RI

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini