Bappenas: Pelemahan ekonomi buat jumlah pekerja formal turun

Kamis, 26 Mei 2016 16:39 Reporter : Pramirvan Datu Aprillatu
Bappenas: Pelemahan ekonomi buat jumlah pekerja formal turun Ilustrasi wawancara kerja. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Odua Images

Merdeka.com - Deputi Ketenagakerjaan dan UKM badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) Rahma Irianti mengatakan pelemahan ekonomi nasional membuat jumlah pekerja formal semakin menurun. Pihaknya mengaku tengah mengkaji penyebab penurunan ini untuk segera dibuatkan tindak pencegahannya.

"Nah kolaps dan gulung tikar ini harus diidentifikasi kenapa, apakah memang kemampuan perusahaan itu? Misal karena bahan baku dan sebagainya atau memang ada aturan-aturan yang perlu kita perbaiki," ujar Rahma di kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (26/2).

Selain itu, pemerintah juga melihat saat ini trennya pekerjaan informal semakin meningkat. Hal ini dinilai merupakan satu indikasi kalau kegiatan ekonomi Indonesia cenderung bergerak pada sektor informal.

"Ini satu indikasi kalau flashback dari tahun-tahun sebelumnya ini indikasinya memang ada semacam kegiatan ekonomi kita bergerak ke sektor informal. Ini yang harus kita jaga agar ketika ada industri baru ini bisa menambah jumlah tenaga formal," tutupnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada Februari 2016, jumlah penduduk yang bekerja di sektor formal mencapai 50,3 juta orang. Catatan tersebut menurun jika dibandingkan jumlah pekerja formal pada periode yang sama tahun lalu dengan pekerja sebesar 50,83 juta orang. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini