5 Desa di Indonesia ini bukti nyata transisi Energi Biogas

Minggu, 1 Januari 2017 08:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Biogas kotoran manusia India. ©AFP PHOTO/Sajjad Hussain

Merdeka.com - Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan alam yang melimpah. Mulai dari pesona alam yang potensi wisatanya tak terkira, sampai semua sumber daya alam yang seharusnya cukup untuk tujuh turunan.

Sayangnya, Indonesia justru mengalami ketergantungan energi yang tidak bisa diperbaharui seperti minyak dan gas. Terlebih lagi, subsidi pemerintah untuk kedua sumber energi yang diperkirakan akan habis dalam hitungan puluhan tahun ke depan, terus bertambah tiap tahunnya.

Padahal, subsidi ini harusnya bisa digunakan untuk mengembangkan sektor energi terbarukan yang masa depannya lebih cerah. Sehingga, pemerintah maulai menggarap langkah menuju transisi ke energi terbarukan.

Program Biogas Rumah atau BIRU adalah hasil kerjasama Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral dengan pemerintah Belanda dan Norwegia untuk menyediakan reaktor biogas di sembilan provinsi di Indonesia. Di mana pengembangan biogas atau gas yang dihasilkan dari fermentasi bahan organik seperti kotoran manusia atau hewan serta limbah organik yang memiliki metana dan karbon dioksida.

Berikut ini, 5 desa di Indonesia yang sudah menggunakan transisi energi biogas seperti dikutip Hipwee.

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.