Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Surat Al Insyirah dan Terjemahan Bahasa Indonesia, Memahami Makna serta Kandungannya

Surat Al Insyirah dan Terjemahan Bahasa Indonesia, Memahami Makna serta Kandungannya Surat Al Insyirah. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Surat Al Insyirahatau Asy-Syarh merupakan surat ke-94 dalam Alquran. Surat Al Insyirah terdiri atas 8 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyah, karena diturunkan di Kota Mekkah, serta diturunkan sesudah surat Ad Dhuha.

Surat Al Insyirah artinya melapangkan. Surat Al Insyirah ini mengingatkan tentang kesempurnaan pemberian Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Surat Al Insyirah akan sarat makna motivasi dari Allah untuk umat Islamagar tidak mudah menyerah. Surat Al Insyirah dan terjemahannya mengandung kisah saat Rasulullah SAW dibangkitkan lagi semangatnya.

Dalam artikel ini, bukan hanya mengetahui tentang bacaan surat Al Insyirah dan terjemahannya saja. Melainkan juga kita akan membahas mengenai makna dan kandungan surat Al Insyirah, beserta keutamaan yang bisa dirasakan bila dibaca dan diamalkan dalam kehidupan.

Simak informasi selengkapnya berikut ini, Senin (1/8) lebih dalam mengenai surat Al Insyirah dan terjemahannya hingga makna tersirat di dalamnya yang patut diketahui.

Surat Al Insyirah dan Terjemahan

ilustrasi alkitab

©2020 Merdeka.com

Surat Al Insyirah adalah surat ke-94 dan termasuk dalam juz ke-30 atau terakhir dalam Alquran. Surat Al Insyirah memiliki satu jumlah ruku' dan mengandung 8 ayat.

Dalam bahasa Arab ditulis الانشراح, yang artinya 'kelapangan'. Surat Al Insyirah dikenal juga dengan nama Alam Nasyrah dan surat Asy-Syarh (lapang). Berikut ini bacaan surat Al Insyirah dan terjemahan bahasa Indonesia:

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ

Arab-Latin: a lam nasyraḥ laka ṣadrak

Artinya: 1. Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu (Muhammad)?

وَوَضَعْنَا عَنكَ وِزْرَكَ

wa waḍa’nā ‘angka wizrak

2. dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,

ٱلَّذِىٓ أَنقَضَ ظَهْرَكَ

allażī angqaḍa ẓahrak

3. yang memberatkan punggungmu?

وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ

wa rafa’nā laka żikrak

4. Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu,

فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

fa inna ma’al-‘usri yusrā

5. Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan,

إِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

inna ma’al-‘usri yusrā

6. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

فَإِذَا فَرَغْتَ فَٱنصَبْ

fa iżā faragta fanṣab

7. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,

وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَٱرْغَب

wa ilā rabbika fargab

8. dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

Makna Surat Al Insyirah

alquran

shutterstock/nuttakit

Surat Al Insyirah artinya melapangkan. Dalam surat Al Insyirah atau lam Nasyrah ini Allah SWT memotivasi moral dan perjuangan Nabi Muhammad SAW selaku manusia sempurna.

Bahkan tak kalah mengejutkan, makna dalam surat Al Insyirah memiliki keterkaitan dengan surat At Tiin, surat ke-95 dalam Alquran.

Karena makna dalam surat At Tiin, diterangkan bahwa manusia itu adalah makhluk Allah yang mempunyai kesanggupan, baik lahir maupun batin.

Nabi Muhammad SAW dibangkitkan semangat dan motivasinya agar tak lagi bersedih. Hal ini pula bagi umat Islam, agar tak lagi pesimis. Setiap orang terlahir sebagai manusia yang sempurna.

 

Kandungan Surat Al Insyirah

Selain memahami bacaan surat Al Insyirah dan terjemahannya, alangkah baiknya kita juga mengetahui kandungan dalam surat yang diturunkan di Mekkah ini.

Melansir dari Liputan6 yang dikutip dari buku AT Tadzkir: Metode Menghafal Juz'Amma, surat Al Insyirah artinya memiliki beberapa pokok isi kandungan. Salah satunya kenikmatan dan kemudahan dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Dengan hilangnya kesedihan, kesempitan dan kesusahan dari beliau serta apa yang berkenaan dengan hal itu. Selanjutnya, menghilangkan bencana, serta adanya sebuah kabar gembira atas kemenangan yang sudah dekat.

Ditambah lagi, kandungan dalam surat Al Insyirah tersebut juga berisi perintah agar Rasulullah SAW beribadah sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat, serta bertawakal hanya mengharap ridho Allah SWT.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa di dalam kesulitan, pasti akan disertai dengan kemudahan. Hal tersebut sejalan dengan perjuangan Nabi Muhammad SAW yang menghadapi penolakan keras dari kaum musyrikin, tapi akhirnya diberikan kenikmatan yaitu sebuah kemenangan.

Surat Al Insyirah ini juga mengandung pengingat bagi umat muslim, bahwa setiap kesulitan pasti ada kemudahan tapi harus didampingi dengan usaha.

Selain itu, jangan pernah berhenti untuk terus bekerja keras. Diiringi pula dengan berharap atas ridho dan kebaikan dari usaha tersebut hanya kepada Allah SWT.

Keutamaan Membaca dan Memaknai Surat Al Insyirah

ilustrasi membaca alquran

Ilustrasi membaca Alquran, Liputan6 ©2022 Merdeka.com

Setiap surat dan ayat dalam Alquran pasti memiliki keutamaannya masing-masing, jika dibaca dan diamalkan dengan baik dalam hidup.

Hal serupa dalam makna dan kandungan surat Al Insyirah berikut ini jika dimaknai dalam hidup, akan memberi keutamaan berupa:

1. Dimudahkan Segala Urusan

Keutamaan pertama dari membaca dan memaknai surat Al Insyirah yakni mendapatkan kemudahan dalam segala urusan. Hal ini tertuang dalam kitab Haqqi An Nazili, keutamaan mengamalkan surat Al Isyirah adalah:

"Barangsiapa membaca Al Insyirah secara rutin setiap selesai sholat wajib, maka Allah akan memudahkan urusannya, menghilangkan kesusahannya dan Allah memberinya rezeki tanpa diduga-duga."

2. Dipermudah Jalan Mencari Rezeki

Selanjutnya keutamaan surat Al Insyirah yang kedua, yakni dipermudah dalam mencari rezeki. Dihimpun dari Pustaka Ilmu Sunni Syeikh Muhammad Haqqi An Nazili dalam kitabnya Khazinatul Asror mengungkapkan sebagai berikut:

"Sebagian ulama berkata membaca surat alam nasyroh itu memudahkan rizki, melapangkan dada, menghilangkan kesulitan dalam segala urusan dan menghilang rasa malas dalam beribadah dan kegagalan dalam mata pencaharian."

3. Kemudahan akan Selalu Datang

Berikutnya kandungan mengamalkan surat Al Insyirah disampaikan oleh Ibnu Katsir dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir yang mengatakan, dari Anas Ibnu Malik pernah menceritakan bahwa Nabi SAW duduk dan di hadapannya terdapat sebuah batu, maka beliau bersabda:

"Seandainya kesulitan datang, lalu masuk ke dalam batu ini, niscaya kemudahan akan datang dan masuk ke dalamnya, lalu mengusirnya. Dan Allah SWT menurunkan firman-Nya: Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (Alam Nasyrah: 5-6).

Kemudian, Abu Hurairah pun berkata bahwa, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Pertolongan diturunkan dari langit sesuai dengan kadar pembiayaan, dan kesabaran diturunkan sesuai dengan kadar musibah".

Itulah penjelasan tentang bacaan surat Al Insyirah dan terjemahan bahasa Indonesia yang bisa diketahui serta pahami bersama. Diharapkan hal ini bisa menjadi salah satu jalan menggapai ridho-Nya dan menambah khasanah pengetahuan Islam (Wallahu'alam).

Bukan hanya mengetahui isi surat Al Insyirah dan terjemahannya saja, tapi kita juga bisa mengetahui makna dan kandungan surat Al Insyirah hingga keutamaan-nya.

Kapan Membaca Surat Al Insyirah?

Salah satu waktu yang tepat untuk membaca Surat Al Insyirah ialah saat melaksanakan sholat fardhu (ketika rakaat pertama dan kedua) atau saat salat sunnah.

Surat ini juga dikenal sebagai salah satu surat dalam Al Quran yang bisa dibaca ketika menghadapi suatu kesulitan.

Kandungan surah Al Insyirah bisa direnungkan saat seorang muslim menghadapi situasi sulit. Saat merasa hidup terasa berat, coba lah untuk amalkan surat ini. 

(mdk/kur)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Surat Al-Insyirah dan Terjemahannya: Ketahui Pula Makna dan Kandungannya
Surat Al-Insyirah dan Terjemahannya: Ketahui Pula Makna dan Kandungannya

Merdeka.com merangkum informasi tentang Surat Al-Insyirah terjemahannya dan kandungannya.

Baca Selengkapnya
Cara Mengamalkan Surat Alam Nasyrah untuk Kekayaan
Cara Mengamalkan Surat Alam Nasyrah untuk Kekayaan

Surat Al-Insyirah dinilai dapat membantu seseorang dalam mencapai kelapangan hidup dan kekayaan jika diamalkan dengan cara tertentu.

Baca Selengkapnya
Tafsir Al Isra Ayat 32 tentang Larangan Berzina, Umat Muslim Wajib Tahu
Tafsir Al Isra Ayat 32 tentang Larangan Berzina, Umat Muslim Wajib Tahu

Al-Qur'an mengatur hal-hal buruk yang menjadi larangan Allah. Salah satunya adalah larangan berzina.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bacaan Surat Al Hujurat Ayat 13 yang Dilengkapi Beserta Tafsirnya, Ketahui Penyebab Turunnya
Bacaan Surat Al Hujurat Ayat 13 yang Dilengkapi Beserta Tafsirnya, Ketahui Penyebab Turunnya

Lantas, bagaimana sebenarnya bunyi bacaan hingga kandungan surat Al Hujurat ayat 13 tersebut?

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Nurbuat Arab Latin dan Artinya, Ketahui Pula Keutamaannya
Bacaan Doa Nurbuat Arab Latin dan Artinya, Ketahui Pula Keutamaannya

Doa nurbuat dilafalkan sebagai bentuk permohonan perlindungan kepada Allah SWT.

Baca Selengkapnya
Surat Al Hujurat Ayat 12 Latin dan Tafsirnya, Ayat Larangan untuk Berprasangka Buruk
Surat Al Hujurat Ayat 12 Latin dan Tafsirnya, Ayat Larangan untuk Berprasangka Buruk

Merdeka.com merangkum informasi tentang surat Al Hujurat ayat 12, asbabun nuzul, dan tafsirnya yang penting untuk diketahui.

Baca Selengkapnya
Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah, Lengkapi Amalan Harian
Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah, Lengkapi Amalan Harian

Doa setelah membaca surat Al-Waqiah patut untuk Anda ketahui guna memaksimalkan bacaannya.

Baca Selengkapnya
Doa Setelah Membaca Surat Yasin Arab dan Latin, Lengkap Beserta Artinya
Doa Setelah Membaca Surat Yasin Arab dan Latin, Lengkap Beserta Artinya

Doa setelah membaca surat Yasin Arab memiliki makna yang mendalam dalam praktik keagamaan Islam.

Baca Selengkapnya
Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Eks Pangkostrad Berduka
Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Eks Pangkostrad Berduka

Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun, Eks Pangkostrad berduka. Berikut informasinya.

Baca Selengkapnya