Hak-hak Kerajaan Pangeran Harry Dicabut, Sang Kakak Ungkap Kesedihannya

Selasa, 14 Januari 2020 17:23 Reporter : Billy Adytya
Hak-hak Kerajaan Pangeran Harry Dicabut, Sang Kakak Ungkap Kesedihannya Pangeran William dan Kate Middleton di Masjid Badshahi. ©2019 Owen Humphreys/Pool via REUTERS

Merdeka.com - Baru-baru ini Pangeran Harry dan Meghan Markle telah mengejutkan publik. Sebabnya, pasangan Duke dan Duchess of Sussex ini telah mengumumkan pengunduran diri dari status anggota kerajaan senior atau Senior Royals.

Pengunduran diri ini akan membuat mereka kehilangan beberapa hak-hak kerjaan. Adanya pernyataan tersebut juga membuat Pangeran William utarakan perasaannya. Ingin tahu? Simak ulasan berikut ini:

1 dari 6 halaman

Pulang Pergi Inggris - Amerika Utara

Setelah menyampaikan pengumuman pengunduran dirinya secara langsung dalam akun Instagram @SussexRoyal pada Kamis (9/1) lalu, Pangeran Harry dan Meghan Markle mengatakan akan bekerja secara mandiri untuk mencukupi kebutuhan finansialnya.

Keduanya juga mengaku akan pulang pergi dari Inggris ke Amerika Utara untuk ke depannya.

2 dari 6 halaman

Senior Royals

Dalam kasus Pangeran Harry dan Meghan Markle, Senior Royals adalah anggota kerajaan senior yang punya hubungan dekat dengan Ratu Elizabeth II serta petinggi yang ada di dalamnya. Bagi mereka member senior, diharuskan untuk melakukan tugas kerajaan sesuai dengan hak mereka dan atas nama monarki.

3 dari 6 halaman

Member Senior dalam Kerajaan Inggris

Seperti dilansir dari KapanLagi.com via Royal Central, berikut adalah member senior dalam Kerajaan Inggris:

1. Her Majesty The Queen - Ratu Elizabeth II
2. The Duke of Edinburgh - Pangeran Philip
3. The Prince of Wales - Pangeran Charles
4. The Duchess of Cornwall - Camilla
5. The Duke of Cambridge - Pangeran William
6. The Duchess of Cambridge - Kate Middleton
7. The Duke of Sussex - Pangeran Harry
8. The Duchess of Sussex - Meghan Markle
9. The Duke of York - Pangeran Andrew

4 dari 6 halaman

Status Working Royals

Pasca mengundurkan diri dari Senior Royals, saat ini Pangeran Harry dan Meghan berstatus Working Royals. Artinya mereka sudah harus berkerja secara mandiri untuk memenuhi kebutuhan finansialnya.

Keputusannya untuk tidak menjadi member di Senior Royals, membuat mereka sudah kehilangan hak untuk menerima uang Sovereign Grant atau semacam uang kerajaan yang dikumpulkan dari pajak rakyat Inggris.

Keduanya tidak akan lagi disibukkan dengan jadwal kunjungan kerajaan seperti sebelumnya. Mundurnya Pangeran Harry dan Meghan bukan berarti ia juga keluar dan tidak menjadi anggota keluarga. Keduanya tetap tercatat sebagai anggota keluarga kerajaan.

5 dari 6 halaman

Pangeran William Ungkap Kekecewaannya

Keputusan sang adik yaitu Pangeran Harry mundur sebagai anggota Senior Royals, membuat Pangeran William kecewa. Ia mengaku sangat sedih karena harus pisah dengan adiknya.

"Saya selalu memeluk adik saya di sepanjang hidup kami dan sekarang saya tak bisa melakukannya lagi, kami akhirnya harus berpisah," ujar Pangeran William saat wawancara dengan Sunday Times.

"Saya sangat sedih atas (keputusan Harry). Sekarang yang bisa kita lakukan, dan yang bisa saya lakukan adalah berusaha mendukung mereka dan berharap suatu saat nanti kami bisa kembali bersatu. Aku ingin semua orang bermain dalam tim yang sama." imbuhnya.

6 dari 6 halaman

Alasan di Balik Keputusan Pangeran Harry

Rupanya, Pangeran Harry dan Meghan Markle ingin hidup lebih mandiri dan tidak bergantung pada Keluarga Kerajaan. Kendati begitu, keduanya juga mengatakan akan terus tetap mendukung Ratu Elizabeth.

"(Kami) bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sembari terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu (Ratu Elizabeth)," seperti yang tertulis di pernyataan Pangeran Harry.

[bil]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini