Fakta-Fakta Tentang Masjidil Haram Tak Banyak Diketahui, Punya 20 Muadzin

Kamis, 21 Oktober 2021 13:13 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
Fakta-Fakta Tentang Masjidil Haram Tak Banyak Diketahui, Punya 20 Muadzin Jamaah haji di Masjidil Haram. ©REUTERS/Muhammad Hamed

Merdeka.com - Masjid al-Haram atau Masjidil Haram di Kota Mekkah merupakan tempat paling suci bagi umat Islam. Di dalam Masjidil Haram terdapat Ka'bah menjadi kiblat bagi muslim di seluruh dunia saat beribadah.

Biasanya, Masjidil Haram setiap harinya selalu ramai dikunjungi jemaah dari berbagai penjuru dunia. Namun, pemerintah Arab sempat menutup sementara tempat ini seiring meningkatnya kasus positif Covid-19.

Kini, Setelah lebih dari satu setengah tahun sejak maraknya wabah Covid-19, pihak otoritas kerajaan Arab Saudi akhirnya mencabut aturan jaga jarak dan kembali mengizinkan jemaah untuk beribadah dengan kapasitas penuh sejak Minggu (17/10).

Berbicara mengenai Masjidil Haram, ada beberapa fakta menarik dari tempat suci tersebut yang tak banyak diketahui orang. Apa saja? Simak ulasan selengkapnya:

2 dari 4 halaman

Lantai Masjidil Haram Selalu Sejuk

momen pencopotan tanda jaga jarak di masjidil haram
©AFP

Melansir dari laman islampos, disebutkan jika Masjidil Haram memiliki luas lebih dari 356 ribu meter persegi yang bisa menampung lebih dari 900 ribu jemaah. Tak heran, jika masjid ini ditetapkan sebagai masjid terbesar di dunia.

Meski bagian tengah masjid sengaja dibuat terbuka tanpa atap, tetapi lantai masjid tersebut tetap terasa dingin dan sejuk meski terkena panas matahari. Hal ini disebabkan karena lantai Masjidil Haram menggunakan marmer terbaik yang didatangkan langsung dari Thassos, Yunani.

Marmer yang dipasang di Masjidil Haram adalah jenis yang terbaik di dunia karena bisa meredam hawa panas yang memantul di lantai. Marmer ini di desain bisa menyerap kelembapan di malam hari dan mempertahankan kesejukannya di siang hari meski terkena sengatan panas matahari.

3 dari 4 halaman

Punya 20 Muadzin

arab saudi longgarkan pembatasan sosial di masjidil haram
©2021 Saudi Press Agency/Handout via REUTERS

Masjidil Haram diketahui memiliki 20 muadzin yang secara bergantian bertugas mengumandangkan adzan. Para muadzin ini memiliki suara lantang, merdu, serta bacaan yang fasih. Para muadzin Masjidil Haram adalah orang-orang pilihan hasil seleksi secara ketat oleh Majelis Idarah Muadzin.

Selai itu, Masjidil Haram juga disebut memiliki mikrofon atau pengeras suara terbaik di dunia. Masjidil Haram dilengkapi lebih dari 3.000 pelantang suara. Di tempat imam sholat sendiri terdapat 10 mikrofon canggih keluaran Jerman.

Selain itu, Masjidil Haram juga disebut memiliki permadani dengan semerbak wangi mawar. Pemerintah Arab Saudi menugaskan para pekerja terlatih mereka untuk rutin membersihkan sedikitnya 30 ribu permadani yang terbentang mencapai sekitar 100 kilometer di Masjidil Haram. Sehingga kebersihannya selalu terjaga dan membuat jemaah nyaman saat beribadah.

Pesawat Dilarang Melintas di Atas Ka'bah

Salah satu lokasi yang tidak boleh dilintasi pesawat 'no-fly zone' adalah Kabah di Mekkah, Arab Saudi. Dikutip dari The Islamic Information, sebuah teori menunjukkan bahwa ada gelombang magnet besar yang terpancar di atas Kabah.

Meski begitu, teori adanya gelombang magnet di atas Kabah belum bisa dibuktikan secara pasti. Pendapat itu juga ditepis oleh seorang pilot sekaligus pengamat penerbangan Arab Saudi, Hasan Al-Ghamidi.

4 dari 4 halaman

Kain Kiswah

Di dalam Masjidil Haram terdapat Ka'bah yang menjadi kiblat seluruh umat Islam di seluruh dunia saat beribadah. Ka'bah tersebut ditutupi oleh kain yang disebut dengan kain Kiswah.

Kain ini memiliki luas 658 meter persegi dan terbuat dari sutera seberat 670 kilogram. Jahitannya terdiri dari benang emas seberat 15 kilogram.

Kain Kiswah biasanya diganti setiap tahun pada tanggal 9 Dzulhjjah, hari ketika jamaah haji berjalan ke Bukit Arafah pada musim haji.

Masjidil Haram Ramah Disabilitas

momen pencopotan tanda jaga jarak di masjidil haram
©SAUDI GENERAL PRESIDENCY FOR THE AFFAIRS OF THE GRAND MOSQUE AND THE PROPHET'S MOSQUE/AFP


Sebagai salah satu masjid terbesar dan terbaik di dunia, Masjidil Haram juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Termasuk yang ramah terhadap penyandang disabilitas.

Manajemen masjid menyediakan fasilitas dan area khusus untuk jamaah difabel. Seperti menyiapkan Alquran braille untuk jemaah tuna netra, menyediakan penerjemah bahasa bagi jamaah tunarungu dan tunawicara, serta disediakan kursi roda listrik untuk jemaah tuna daksa atau jemaah yang membutuhkan.

[khu]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini