Doa Kesembuhan Anak Sesuai Agama Islam, Ketahui Amalan Lainnya yang Dapat Dikerjakan

Sabtu, 20 November 2021 09:02 Reporter : Mutia Anggraini
Doa Kesembuhan Anak Sesuai Agama Islam, Ketahui Amalan Lainnya yang Dapat Dikerjakan Ilustrasi Anak Sakit Perut. ©scholastic.com

Merdeka.com - Begitu banyak karunia Allah SWT terhadap hambanya. Wujud dari kasih sayang Allah SWT terhadap manusia dapat terlihat melalui rezeki berupa harta, keluarga, dan kesehatan tubuh yang prima.

Tanpa banyak disadari, memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah suatu kenikmatan tersendiri. Kesehatan tentu menopang tubuh untuk dapat beraktivitas secara optimal.

Maka dari itu, kesehatan adalah salah satu anugerah yang luar biasa dari Allah SWT bagi setiap insan. Terlebih bagi anggota keluarga seperti anak sendiri. Melihat anak dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat adalah suatu kebahagiaan tersendiri bagi setiap orangtua.

Namun, terkadang Allah SWT memberi ujian kepada anak dengan perantara sakit. Sebagai makhluk ciptaan Allah, penting bagi kita untuk mengusahakan pengobatan dan berdoa bagi kesembuhan anak. Sebab, tak ada yang mampu memberi sehat dan kesembuhan kecuali Allah SWT sebagaimana dalam firman-Nya yang berbunyi,

"Dan apabila aku sakit, Dialah (Allah) yang menyembuhkanku." (As Syu’ara : 80).

Maka, penting bagi orangtua atau setiap muslim untuk senantiasa melafalkan doa kesembuhan anak bagi sanak saudara atau kerabat yang tengah diberi ujian oleh Allah. Melansir dari laman NU Online, berikut beberapa doa kesembuhan anak yang dapat diamalkan.

2 dari 7 halaman

Doa Kesembuhan Anak

Anak merupakan permata hati bagi setiap orangtua. Bagi orangtua, kesehatan anak adalah segalanya.

Saat tubuhnya tengah sakit, doa kesembuhan anak yang dapat dilafalkan tersebut merujuk dari kebiasaan Rasulullah SAW saat berkunjung ke sanak keluarganya yang sakit. Hadis riwayat Bukhari dan Muslim menerangkan, Rasulullah pernah membaca doa kesembuhan anak sebagai berikut,

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya:

"Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri."

3 dari 7 halaman

Doa Kesembuhan Anak dengan Nama

ilustrasi berdoa
©Shutterstock

Selain itu, doa kesembuhan anak juga dapat menyebut nama yang bersangkutan secara langsung. Hal ini sesuai dengan doa kesembuhan anak yang juga pernah dibaca Rasulullah SAW saat berkunjung ke Sa'ad bin Abi Waqqash yang tengah dilanda sakit. Hal ini sebagaimana dalam hadis riwayat Imam Muslim yang berbunyi,

Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan. Allahummasyfi Sa‘dan.

Artinya:

"Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad." (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H]).

4 dari 7 halaman

Doa Kesembuhan Anak yang Dibaca di Hadapannya

Membaca doa dan memohon kepada Allah SWT seringkali dilakukan setelah menunaikan salat. Namun, berdoa juga dapat dilakukan di hadapan orang lain atau dalam situasi tertentu.

Seperti doa kesembuhan anak yang dapat dilafalkan di hadapannya secara langsung. Doa kesembuhan anak berikut ini dapat dilafalkan sebanyak 7 kali.

As’alullahal azhima rabbal ‘arsyil ‘azhimi an yassfiyaka.

Artinya:

"Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu."

5 dari 7 halaman

Doa Kesembuhan Anak saat Diruqyah

ilustrasi anak sakit perut
©©Daily Mail

Ruqyah merupakan salah satu metode menyembuhkan orang sakit melalui serangkaian proses yang dilakukan oleh ahli. Pada zaman dahulu, Rasulullah juga pernah melakukan ruqyah kepada salah seorang sahabat dengan membaca lafal sebagai berikut,

Imsahil ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifa’u. La kasyifa lahu illa anta.

Artinya:

"Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau," (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H]).

6 dari 7 halaman

Amalan Bagi Anak yang Sakit

Selain orangtua yang mengusahakan pengobatan dan melafalkan doa kesembuhan, penting bagi si kecil untuk juga berdoa terhadap dirinya sendiri kepada Allah SWT. Tentu saja hal ini harus mendapatkan bimbingan dari kedua orangtua.

Namun, jika anak sudah dapat membaca Alquran dan beribadah, beberapa amalan berikut ini bisa dikerjakan sewaktu-waktu.

1. Melaksanakan Salat Dhuha

Allah SWT telah memberikan manusia berupa kesempurnaan raga dan pikiran. Maka dari itu, alangkah baiknya bagi setiap muslim untuk bersedekah terhadap anggota tubuh yang diberi kesehatan dengan cara menunaikan salat sunnah dhuha.

Terlebih jika dalam keadaan sakit, salat ini pun tetap dapat dikerjakan. Selain bertujuan untuk bersedekah, hal ini juga dapat semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua raka’at," (HR Muslim).

7 dari 7 halaman

2. Meminta Anak Membaca Doa

ilustrasi berdoa
©Shutterstock

Selain itu, si kecil juga dapat berdoa bagi kesembuhannya seorang diri. Berikut lafalnya,

Bismillâh, bismillâh, bismillâh. U‘îdzuka bi izzatillâhi wa qudratihi min syarri mâ ajidu wa uhâdziru (dibaca tujuh kali).

As’alullâhal ‘adhîma rabbal ‘arsyil ‘adhim an yasyfiyaka (dibaca tujuh kali).

Artinya:

"Dengan nama Allah, dengan nama Allah, dengan nama Allah, aku lindungi kamu berkat kemuliaan Allah dan qudrah-Nya dari kejahatan barang yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." (dibaca tujuh kali)

"Aku memohon kepada Allah Yang Maha Besar, Tuhan Arasy yang maha besar agar Dia menyembuhkanmu. (dibaca tujuh kali),"

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini