Decluttering Adalah Kegiatan Membersihkan Barang Tak Berguna, Ketahui Cara Memulainya

Sabtu, 2 Juli 2022 08:02 Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Decluttering Adalah Kegiatan Membersihkan Barang Tak Berguna, Ketahui Cara Memulainya Ilustrasi bersih-bersih rumah. ©2012 extremecleancorp.com

Merdeka.com - Decluttering adalah sebuah istilah yang berasal dari kata clutter. Kata clutter sendiri mengacu pada semua barang yang disimpan di sekitaran atau dalam rumah namun tidak memberikan manfaat atau menambah nilai dalam hidup.

Sementara itu, decluttering adalah istilah yang digunakan untuk mengacu pada kegiatan menyingkirkan dan membersihkan barang-barang yang tidak memberikan manfaat atau menambah nilai dalam hidup. Istilah decluttering juga sempat dipopulerkan oleh Marie Kondo dalam bukunya yang berjudul 'The Lifechanging Magic of Tidying Up'.

Marie Kondo mendefinisikan decluttering adalah kegiatan menyingkirkan barang-barang yang tidak memercikkan kebahagiaan bagi pemiliknya. Lantas bagaimana penjelasan lebih lanjut mengenai decluttering adalah dan cara memulainya?

Melansir dari laman waste4change, Jumat (1/7), simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 4 halaman

Decluttering Adalah

Decluttering adalah istilah yang digunakan untuk mengacu pada kegiatan menyingkirkan dan memberikan barang-barang yang tidak memberikan manfaat dan menambah nilai dalam hidup. kalian harus memulai melakukan decluttering jika mengalami beberapa kondisi.

Salah satunya yaitu jika kalian sering kesulitan menemukan barang yang dicari di antara tumpukan barang-barang. Baik di meja belajar, rak, lemari hingga gudang.

Kegiatan decluttering bisa membantu seseorang dalam menghemat tempat di rumah dengan lebih banyak. Selain itu, decluttering juga dipercaya mampu memberikan dampak positif terhadap mental dan psikis seseorang. Adapun dampak positif lainnya dari decluttering adalah sebagai berikut:

a. Menghemat Waktu & Energi
Dampak positif yang pertama lainnya dari decluttering adalah menghemat waktu dan energi. Hal ini karena ada lebih sedikir barang-barang yang harus dibersihkan nantinya. Seperti diketahui, membersihkan rumah dan menjaganya untuk tetap bersih bukan lah pekerjaan yang mudah. Terlebih jika ditambah dengan barang-barang yang dibiarkan menumpuk di sudut-sudut rumah dan tidak memiliki nilai berarti.

b. Menanggulangi Rasa Stres
Dampak positif yang kedua dari decluttering adalah menanggulangi rasa stres. Hal ini karena membersihkan rumah dari barang-barang yang tidak digunakan mampu memberikan kepuasan tersendiri. Sebab, decluttering mampu membuat seseorang mempunyai kendali atas hidup serta rumahnya. Selain itu juga terhindar dari rumah yang berantakan akibat barang-barang tak berguna.

3 dari 4 halaman

Cara Memulai Decluttering

Melakukan decluttering untuk pertama kalinya memang terkadang menjadi membingungkan. Bahkan, kita sendiri sampai tidak tahu harus memulainya dari mana. Terlebih melihat jumlah barang yang begitu banyak mampu menjadi intimidasi saat hendak melakukan decluttering.

Adapun cara memulai decluttering yang bisa diterapkan adalah sebagai berikut:

a. Memulai berdasarkan Kategori
Pada dasarnya melakukan decluttering bisa berdasarkan jenis barang atau ruangannya. Jika ingin memulai decluttering berdasarkan jenis barangnya, kalian bisa membuat daftar barang yang menurut kalian harus dikurangi. Secara umum, terdapat beberapa jenis barang yang cenderung banyak dibeli dan seharusnya memang bisa dikurangi.

Misalnya seperti baju, tas, sepatu, buku, majalah bekas, DVD, mainan, aksesoris rambut, barang elektronik, alat olahraga yang jarang dipakai hingga peralatan dapur.

Selain itu bisa juga membaginya berdasarkan ruangan. Biasanya, kamar tidur, gudang dan dapur menjadi tempat-tempat yang cenderung menyimpan barang-barang menumpuk. Kalian juga bisa melakukannya dengan memetakan terlebih dahulu ruangan yang memiliki banyak clutter.

b. Sediakan 5 Wadah untuk Sortir Barang
Berikut lima wadah yang dipersiapkan untuk menyortir barang-barang yang akan disingkirkan:

  • Put Away, untuk barang-barang yang diletakkan bukan pada tempatnya sehingga kalian harus mengembalikan ke tempat semula.
  • Recycle, untuk barang-barang yang ingin dibuang namun masih dapat didaur ulang.
  • Fix atau Mend, untuk barang-barang yang memerlukan modifikasi atau diperbaiki.
  • Donate, untuk barang-barang yang jarang atau tidak pernah digunakan namun masih dalam kondisi yang bagus. Kalian bisa mendonasikan barang-barang tersebut kepada orang lain yang lebih membutuhkan.
  • Trash, untuk barang-barang yang benar-benar tidak dapat dipakai atau rusak dan harus dibuang.
4 dari 4 halaman

c. Lakukan Secara Bertahap

Membersihkan barang-barang yang menumpuk bisa menjadi suatu pekerjaan yang melelahkan. Baik itu secara fisik maupun emosional. Karenanya, kalian bisa melakukan decluttering secara bertahap atau dicicil sedikit demi sedikit.

Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan decluttering dalam satu waktu saja. Dengan melakukan secara bertahap, kalian juga bisa memilah barang mana saja yang perlu dibuang atau tetap disimpan dengan rapi.

d. Minta Bantuan Orang Lain
Tidak ada salahnya kalian meminta bantuan orang lain bila dirasa tidak mampu melakukannya sendiri. Bantuan di sini berupa meminta pendapat terkait barang-barang yang menumpuk. Apakah barang tersebut masih bisa dipakai atau perlu dibuang.

e. Ambil Foto Sebagai Perbandingan
Sebelum melakukan decluttering, kalian bisa mengambil foto atau video ruangan yang hendak dibersihkan. Begitu pula saat sudah selesai melakukan decluttering. Kalian lantas bisa membandingkan foto sebelum dan sesudah melakukan decluttering.

Dengan membandingkan foto, kalian dapat melihat tempat tersebut dapat menjadi rapi dan enak dipandang. Khususnya saat sudah dibersihkan dari berbagai macam barang-barang yang tidak memiliki nilai. Menariknya, hal itu mampu menjadi motivasi bagi diri kalian untuk semakin bersemangat membersihkan tempat-tempat yang masih berantakan di rumah.

[tan]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini