9 Cara Memutihkan Pakaian Menguning dengan Mudah dan Cepat

Kamis, 20 Februari 2020 17:26 Reporter : Kurnia Azizah
9 Cara Memutihkan Pakaian Menguning dengan Mudah dan Cepat ilustrasi baju putih. ©2018 pexels.com

Merdeka.com - Cara memutihkan pakaian menguning masih dianggap susah dan sering diabaikan. Banyak yang memilih untuk membeli pakaian baru.

Memutihkan pakaian menguning yang nampak kusam sebenarnya termasuk mudah dan pastinya tidak perlu mengeruk banyak kocek. Pastinya rasa percaya diri Anda luntur jika menggunakan pakaian kusam.

Berikut merdeka.com telah rangkum mengenai cara memutihkan pakaian menguning dengan mudah dan cepat dari berbagai sumber.

2 dari 10 halaman

1. Jemur di Bawah Sinar Matahari

pakaian2015 Merdeka.com/shutterstock

Cara memutihkan pakaian menguning yang pertama bisa dengan mengandalkan sinar matahari. Menjemur pakaian putih yang sudah selesai dicuci di bawah sinar matahari langsung, teknik yang paling mudah dan gratis untuk dicoba.

Dilansir dari liputan6.com, bahwa sinar ultraviolet matahari ternyata bisa membantu memecah ikatan kimia dalam noda, akhirnya warna noda jadi memudar.

Cara memutihkan dengan menggantung pakaian, membiarkannya menerima matahari secara alami memberi pengeringan. Pakaian Anda menjadi lebih putih tanpa aroma kimia pemutih.

3 dari 10 halaman

2. Rendam dengan Perasan Lemon atau Jeruk Nipis

Cara memutihkan pakaian menguning selanjutnya dengan merendam menggunakan campuran air perasan lemon atau jeruk nipis. Kandungan dari lemon dan jeruk nipis mampu menggantikan penggunaan bahan kimia pemutih dengan alami.

010 tantri setyorini2015 Naturallydowntoearth.com


Langkah mudahnya, ambil setengah gelas air perasan lemon atau jeruk nipis. Campur dengan 5 hingga 10 liter air, lalu rendam pakaian putih Anda semalaman atau beberapa jam saja. Jika sudah, cuci pakaian seperti biasa. Bisa juga beri bilasan terakhir dengan campuran air jeruk nipis lagi.

4 dari 10 halaman

3. Rendam dengan Jeruk Purut

Jeruk purut memiliki kandungan yang tidak beda jauh dengan lemon dan jeruk nipis di atas. Ketiganya berperan penting dalam membantu menghilangkan noda kusam yang membandel di pakaian putih Anda.

ilustrasi jeruk purutShutterstock/Butterfly Hunter


Cara memutihkan pakaian menguning pertama, rebus air dalam panic, kemudian masukkan air perasan jeruk purut beserta kulitnya hingga mendidih. Lalu masukkan pakaian putih Anda dan rendam selama 1 jam .

Jika sudah, cucilah pakaian putih seperti biasaya. Bilasan kembali dengan campuran air perasan jeruk nipis lagi supaya hasilnya lebih optimal.

5 dari 10 halaman

4. Campuran Cuka Putih

putihSnug Hug



Cuka putih juga memiliki sifat yang hampir sama dengan lemon selaku alternatif pemutih pakaian berbahan kimia. Tambahkan seperempat atau setengah cangkir cuka putih ke dalam air untuk merendam pakaian putih Anda.

Selain membantu menghilangkan noda menguning, cuka putih juga memberi kelembutan pada kain. Sehingga membantu pakaian Anda kembali cerah dan nyaman digunakan.

6 dari 10 halaman

5. Campuran Backing Soda

Cara memutihkan pakaian yang menguning selanjutnya mengandalkan soda kue atau backing soda. Selain membantu menghilangkan noda membandel, soda kue juga bersifat antiseptik untuk membasmi bakteri dan memberi keharuman.

Soda kue atau natrium bikarbonat memiliki kesamaan dengan pemutih pakaian. Langkah mudahnya, cukup dengan merendam pakaian putih Anda dengan campuran secangkir backing soda dan empat liter air. kemudian cuci bersih seperti biasa.

7 dari 10 halaman

6. Pewarna Pakaian Biru

Jika beberapa cara memutihkan pakaian menguning belum menunjukkan hasil yang optimal, kali ini Anda bisa mencoba membuat pakaian putih menjadi sedikit biru. Tidak perlu merasa ragu, selama konsentrasi yang digunakan sedikit.

ini 4 cara membuat anak berhenti menggigit kuku2020 Merdeka.com


Pewarna pakaian biru atau belau mudah ditemukan di toko kelontong dan alat jahit. Sedikit warna biru akan menangkal kusam menguning pada pakaian, dan membuatnya nampak cerah kembali.

Cara singkatnya, campurkan seperempat sendok teh pewarna pakaian biru dengan air dan deterjen. Kemudian cuci bersih seperti biasa.

8 dari 10 halaman

7. Gunakan Sabun Cuci Piring

Cara memutihkan pakaian menguning yang berikutnya dengan menggunakan sabun cuci piring. Beberapa noda membandel yang belum kering juga biasanya lebih mudah luntur jika dicuci menggunakan sabun mandi dan sabun cuci piring

ilustrasi sabun batanganiStockphoto.com



Kali ini cobalah untuk mencuci pakaian putih Anda dengan mencampurkan air, deterjen, dan sabun cuci piring. Rendam sebentar saja, lalu digosok dan dibilas seperti biasa. Sabun mandi dan sabun cuci piring memiliki bahan yang lebih ringan dan aman dalam menjaga kelembutan kain.

9 dari 10 halaman

8. Gunakan Boraks

Cara memutihkan pakaian menguning berikutnya menggunakan pengawet makanan, boraks. Boraks berperan mengembalikan pakaian jadi lebih bersih dan memberi warna putih.

Boraks yang memiliki bentuk bening seperti kristal putih ini mudah larut dalam air, kemudian berubah menjadi hidroksida dan asam borat. Sehingga efektif mengembalikan kebersihan, melembutkan sabun,d an menghilangkan noda.

Campurkan saja sedikit boraksa dengan deterjen dan air, sebentar saja. Kemudian gosok pakaian dan bilas bersih.

10 dari 10 halaman

9. Gunakan Aspirin

Mengutip dari liputan6.com, bahwa aspirin dapat membantu membuat pakaian kembali berwarna terang dan menghilangkan noda. Beberapa noda basah seperti kopi, teh, dan minyak.

006 tantri setyoriniShutterstock



Langkah mudahnya, ambil beberapa butir aspirin sesuai kebutuhan atau 500 milligram dan campurkan dengan dua ember air panas. Hancurkan pil aspirin terlebih dahulu supaya lebih mudah larut. Kemudian rendam pakaian kotor dalam larutan tersebut semalaman. Cucilah seperti biasa pada keesokan harinya.

Itulah beberapa cara memutihkan pakaian menguning dengan mudah dan cepat. Cobalah untuk mendapatkan pakaian putih yang Nampak cerah dan baru kembali. Semoga bermanfaat.

[kur]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini