Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

9 Tempat Wisata Dieng Paling Eksotis, Lengkap Beserta Harga Tiket & Lokasinya

9 Tempat Wisata Dieng Paling Eksotis, Lengkap Beserta Harga Tiket & Lokasinya telaga warna. ©2015 Merdeka.com/Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Sebagai salah satu lokasi wisata terkenal di Jawa Tengah, Dieng memiliki segudang tempat wisata yang indah dan eksotis. Dieng dikenal sebagai daerah pegunungan dan dikelilingi banyak gunung. Selain itu, Dieng juga dikenal dengan suhu udara yang dingin dan sangat dicari para wisatawan.

Dieng juga merupakan rumah bagi beberapa kawah aktif yang juga dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Meski aktif, beberapa tempat wisata di Dieng menyimpan keindahannya yang layak dicoba ketika anda berkunjung ke Wonosobo atau Banjarnegara.

Beberapa destinasi indah dengan harga ekonomis menjadi daya tarik dari beberapa tempat di wisata ini. Selain itu, akses yang mudah menjadi alasan wisata ini sangat digemari wisatawan terlebih dari luar daerah.

Dirangkum Merdeka.com dari berbagai sumber, Senin (1/5) berikut adalah rekomendasi tempat wisata Dieng paling eksotis yang layak anda coba selengkapnya.

1. Gunung Prau

ilustrasi gunung prau

©Pixabay/masfajar

Bagi para pendaki pemula, Gunung Prau disebut sebagai salah satu destinasi yang wajib dicoba. Gunung Prau menjadi salah satu spot favorit karena pemandangan yang indah khas pegunungan.

Tinggi Gunung Prau yaitu 2.565 mdpl dan termasuk paling pendek bila dibandingkan dua gunung sebelahnya yaitu Sumbing dan Sindoro.

Spot favorit di kawasan ini adalah adanya bukit teletubbies yang ada di atasnya. Pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp15 ribu.

Gunung Prau memiliki beberapa rute pendakian yang berbeda. Namun rute dieng menjadi salah satu yang digemari para wisatawan.

keindahan sunrise dari bukit sikunir

©2021 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

2. Bukit Sikunir

Tempat wisata Dieng paling eksotis selanjutnya adalah Bukit Sikunir yang letaknya tak jauh dari kawasan Dieng. Bukit Sikunir terletak di desa Sembungan dan dikenal akan panorama indahnya saat matahari terbit.

Bagi para wisatawan yang hendak mengunjungi wisata ini, disarankan datang pada bulan Juli hingga Agustus karena merupakan periode musim kemarau sehingga langit menjadi bersih.

Selain itu, anda perlu datang pagi-pagi untuk melihat atraksi matahari terbit. Tiket masuk wisata ini adalah Rp10 ribu.

3. Telaga Warna

004 dru

©2015 Merdeka.com/Desi Aditia Ningrum

Tempat wisata Dieng favorit ketiga adalah Telaga warna yang berada di dalam kawasan wisata Dieng. Dinamakan Telaga Warna karena memiliki warna air yang dapat berubah.

Telaga ini memiliki beragam warna yaitu merah, hijau, biru, putih, dan hitam. Perubahan warna ini dipengaruhi dari tingginya kadar belerang di danau ini yang terkena sinar matahari.

Telaga Warna terletak di atas ketinggian 2000 mdpl dengan panorama indah bukit disekitarnya. Tiket masuk wisata ini yaitu Rp15 ribu.

kompleks candi arjuna

©2015 Merdeka.com

4. Candi Arjuna

Candi Arjuna adalah salah satu destinasi terkenal di Dieng terlebih saat terjadinya peristiwa embun es. Candi Arjuna merupakan peninggalan kuno yang dibangun pada abad ke-9 Masehi.

Udara sejuk dan cenderung dingin menambah suasana menyenangkan dari wisata ini. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp20 ribu dan menikmati wisata ini.

5. Kawah Sikidang

kawah sikidang

©Banjarnegarakab.go.id

Tempat wisata Dieng paling eksotis kelima adalah Kawah Sikidang yang terletak di Bakal Buntu, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara. Kawah ini merupakan kawah aktif dan kerap kali erupsi.

Kawah Sikidang memiliki luas 200 meter persegi dan terletak di tanah datar sehingga pengunjung dapat melihat gumpalan asap yang keluar dari kawah ini.

Meski indah, wisatawan hendaknya perlu berhati-hati karena mengandung kadar belerang yang tinggi. Tiket masuk wisata ini yaitu Rp15 ribu.

batu ratapan angin

©Liputan6.com/Novi Thedora

6. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin merupakan salah satu destinasi favorit lain di Dieng karena menjadi tempat terbaik melihat Telaga Warna dan Pengilon.

Wisata ini merupakan sebuah tebing yang dekat dengan telaga warna. Anda perlu usaha ekstra untuk mencapai tempat ini karena letaknya di atas ketinggian. Tiket masuk wisata ini yaitu Rp10 ribu per tiket.

7. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon memiliki lokasi yang sama dengan Telaga Warna yang terletak di Desa Wisata Dieng Kulon, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Dinamakan pengilon karena berarti cermin. Air di telaga ini cukup jernih dan tidak berwarna sehingg anda bisa bercermin di telaga.

Tiket masuk wisata ini sebesar Rp10 ribu dan anda bisa menikmati beberapa spot foto yang indah di sana.

8. Telaga Menjer

Telaga Menjer merupakan salah satu destinasi wisata favorit saat berkunjung ke Dieng. Panorama alam indah dengan udara sejuk menjadi daya tarik dari wisata danau di atas ketinggian ini.

Wisata ini terletak di Desa Menjer, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah atau sekitar 15 Km dari pusat kota Wonosobo.

Pengunjung hanya akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp5 ribu untuk wisatawan lokal, dan Rp10 ribu untuk wisatawan mancanegara. Beberapa fasilitas dan wahana juga bisa disewa seperti perahu.

9. The Heaven Glamping

004 tantri setyorini

©2018 Merdeka.com/Pixabay

The Heaven Wonosobo Glamping tepat berada di pinggir Telaga Menjer yang berada di kaki Pegunungan Dieng. Lokasinya ada di Desa Tlogo, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

The Heaven Wonosobo Glamping mempunyai pilihan kamar dengan fasilitas area parkir, toilet, WiFi, air panas, dan restoran. The Heaven Wonosobo Glamping per malamnya mulai Rp 450.000 hingga Rp 950.000.

 Lokasi wisata ini sangat cocok dikunjungi jika Anda ingin bersantai sambil menikmati pemandangan dan udara sejuk. 

(mdk/thw)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Wisata Batang Jawa Tengah Terpopuler, Berikut Rekomendasinya
9 Wisata Batang Jawa Tengah Terpopuler, Berikut Rekomendasinya

Kabupaten Batang memiliki banyak spot yang menawan dan menakjubkan, layak untuk dijelajahi.

Baca Selengkapnya
12 Tempat Wisata Malang Terpopuler, Jelajahi Keistimewaannya
12 Tempat Wisata Malang Terpopuler, Jelajahi Keistimewaannya

Dari pegunungan hijau hingga keunikan arsitektur kolonial, Malang memiliki daya tarik yang tidak dapat diabaikan.

Baca Selengkapnya
Wisata di Medan yang Populer, Destinasi Alam hingga Edukasi
Wisata di Medan yang Populer, Destinasi Alam hingga Edukasi

Merdeka.com merangkum informasi tentang wisata Medan yang populer mulai dari destinasi wisata alam hingga wisata edukasi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
8 Wisata Jombang Terfavorit 2024, Intip Rekomendasinya
8 Wisata Jombang Terfavorit 2024, Intip Rekomendasinya

Wisata Jombang juga turut menjadi salah satu pilihan yang bisa dikunjungi saat liburan ke Jawa Timur.

Baca Selengkapnya
12 Destinasi Wisata Malang Terbaik, Jangan Sampai Kelewatan
12 Destinasi Wisata Malang Terbaik, Jangan Sampai Kelewatan

Malang memiliki destinasi wisata yang sangat lengkap, cocok untuk tujuan liburan keluarga.

Baca Selengkapnya
7 Wisata Lampung Terpopuler yang Menarik Dikunjungi, Ini Daftarnya
7 Wisata Lampung Terpopuler yang Menarik Dikunjungi, Ini Daftarnya

Lampung bisa menjadi destinasi wisata menarik bagi Anda yang mencari pengalaman liburan unik dan berkesan.

Baca Selengkapnya
15 Wisata Jawa Timur Terfavorit, Jelajahi Banyak Pilihan Menarik
15 Wisata Jawa Timur Terfavorit, Jelajahi Banyak Pilihan Menarik

Jawa Timur menyajikan keanekaragaman destinasi wisata yang memikat hati.

Baca Selengkapnya
12 Wisata Pantai Malang Terfavorit 2024, Ini Rekomendasinya
12 Wisata Pantai Malang Terfavorit 2024, Ini Rekomendasinya

Malang punya banyak pantai keren dengan keistimewaan yang berbeda-beda.

Baca Selengkapnya
10 Wisata Baru di Bandung dan Sekitarnya yang Populer, Ini Harga Tiket Masuk hingga Lokasinya
10 Wisata Baru di Bandung dan Sekitarnya yang Populer, Ini Harga Tiket Masuk hingga Lokasinya

Mencari wisata baru di Bandung dan sekitarnya? Mungkin Anda dapat mempertimbangkan beberapa rekomendasi wisata baru di Bandung berikut ini.

Baca Selengkapnya