7 Cara Menghilangkan Jerawat Kecil-Kecil di Dahi yang Mengganggu Penampilan

Selasa, 3 Desember 2019 09:34 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
7 Cara Menghilangkan Jerawat Kecil-Kecil di Dahi yang Mengganggu Penampilan ilustrasi jerawat dahi. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Artem Furman

Merdeka.com - Cara menghilangkan jerawat kecil-kecil yang biasanya muncul di dahi bisa dilakukan dengan berbagai metode. Jerawat kecil-kecil di dahi memang membuat penampilan menjadi kurang menarik. Hal ini dikarenakan jerawat kecil-kecil tersebut membuat tekstur kulit menjadi tidak merata. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya jerawat kecil-kecil, mulai dari faktor hormon, hingga kebersihan.

Jerawat biasanya muncul karena tersumbatnya pori-pori yang disebabkan oleh tumpukan sel kulit mati. Munculnya jerawat kecil-kecil seperti bruntus disebabkan karena tersumbatnya kelenjar yang berada tepat di bawah permukaan kulit. Kelenjar ini yang menghasilkan zat minyak dan biasa kita sebut dengan sebum. Apabila minyak terlalu banyak dan sel kulit mati menumpuk maka kelenjar tersebut akan tersumbat dan munculah jerawat.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan jerawat kecil-kecil muncul di dahi, diantaranya :

1 dari 4 halaman

Faktor Penyebab Muncul Jerawat Kecil-kecil di dahi

  • Kebersihan

Tidak menjaga kebersihan wajah dan rambut. Jarang mencuci muka dan jarang keramas juga merupakan salah satu faktor penyebab jerawat dahi. Jika menggunakan conditioner atau minyak rambut pastikan juga untuk selalu membilasnya dengan bersih.

  • Menyentuh wajah dengan tangan kotor

Kebiasaan menyentuh wajah dan dahi dengan tangan yang kotor biasanya memicu timbulnya jerawat di dahi. Tangan yang kotor banyak menyimpan kuman yang akan menimbulkan jerawat di wajah.

  • Hormon

Selama masa pubertas kadar hormon akan berfluktuasi secara terus menerus. Sehingga hal ini bisa memicu tumbuhnya jerawat.

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Jerawat Kecil-Kecil

Penanganan jerawat ini tergantung pada tingkat parah tidaknya sebuah jerawat, diantaranya :

Menggunakan Salep

Salep biasanya digunakan untuk mengobati jerawat kecil dengan intensitas ringan. Salep yang digunakan biasanya mengandung benzoil peroksida, retinol, asam salisilat, resorsinol. Biasanya salep dengan beberapa bahan tersebut bisa dijumpai engan mudah di berbagai apotek. Tetapi, ada beberapa kulit yang tidak cocok menggunakan salep seperti ini. Waspada sebelum terjadi iritasi.

Obat Resep Dokter

Untuk jerawat dengan intensitas lebih parah biasanya memerlukan obat dengan resep dokter. Obat ini bisa berupa obat minum, gel, atau krim oles. Biasanya kandungan dalam obat ini berupa antimikroba, antibiotik, kortikosterois, dan retinoid.

3 dari 4 halaman

Cara Alami

  • Lidah Buaya

Lidah buaya memang dipercaya banyak memberikan manfaat di dunia kecantikan salah satunya membantu meredakan jerawat. Cara menggunakannya cukup mengoleskan gel lidah buaya pada dahi yang berjerawat, diamkan kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

  • Cuka Apel

Cuka apel juga bisa membantu mengobati jerawat dahi. Cara penggunaannya dengan mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 2:1, lalu oleskan ke dahi dengan menggunakan kapas. Perlu diketahui bahwa cuka apel berisiko membuat iritasi kulit pada beberapa jenis kulit.

  • Jus Lemon

Cara menggunakannya dengan mengoleskan jus lemon pada dahi dengan menggunakan kapas lalu tunggu selama 30 menit sebelum di bilas. Kita juga bisa mencampurkan jus lemon dengan sedikit madu.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Jerawat Kecil-Kecil di Dahi

1. Hindari Menggunakan topi

Penggunaan topi dapat memicu munculnya jerawat di dahi karena keringat akan mengumpul di area tersebut dan bisa menimbulkan jerawat.

2. Jangan Tutup Dahi Dengan Poni

Menutup dahi dengan poni juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab jerawat dahi.

3. Hindari Stres

Menurut beberapa penelitian, mengatakan jika stres juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat. Untuk itu, kita harus mampu mengendalikan pikiran agar tetap tenang saat menghadapi masalah. Sebagai solusinya bisa melakukan meditasi untuk menenangkan diri.

[khu]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini