10 Kemungkinan Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara Mengatasinya

Rabu, 2 Oktober 2019 08:05 Reporter : Tantri Setyorini
10 Kemungkinan Penyebab Jerawat di Dahi dan Cara Mengatasinya Ilustrasi jerawat di dahi. ©Shutterstock

Merdeka.com - Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Bahkan di lipatan ketiak atau organ intim. Namun beberapa bagian tubuh yang paling sering jadi tempat munculnya jerawat adalah dahi, pelipis, dan tulang pipi.

Jerawat di dahi biasanya muncul dalam jumlah banyak, baik berupa beruntusan atau malah jerawat yang meradang.

Apa penyebab jerawat di dahi dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini penjelasan yang dirangkum Merdeka.com dari situs kesehatan Healthline.

1 dari 10 halaman

Hormon

Banyak orang yang mulai berjerawat begitu memasuki mas pubertas. Peningkatan hormon di periode ini bisa merangsang produksi minyak berlebihan pada kulit. Itulah yang menjadi penyebab utama jerawat, terutama di bagian dahi.

Jika jerawat disebabkan oleh lonjakan hormon, sebaiknya konsultasikan dengan ahli dermatologi. Mungkin Anda akan diberi resep antibiotik, medikasi dengan formula benzoyl peroxide, retinoid, atau anti-androgen.

2 dari 10 halaman

Stres

Ilustrasi stres. Pixabay

Stres juga bisa menjadi penyebab hormon yang tidak seimbang. Karena itulah, satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah mengelola stres.

3 dari 10 halaman

Rambut Kotor

Rambut yang kotor bisa menyebabkan penumpukan minyak di helaiannya atau folliculitis (infeksi batang rambut). Inilah biang keladi jerawat di dahi.

Agar tidak terjadi hal seperti ini, cucilah rambut secara teratur. Jika Anda takut rambut jadi kering karena terlalu sering keramas, setidaknya cobalah untuk mencuci poni setiap hari.

4 dari 10 halaman

Produk Rambut

Produk rambut seperti hair spray, leave-on conditioner, atau minyak rambut bisa menyebabkan rambut dan dahi berminyak. Sebisa mungkin batasi penggunaan produk-produk seperti ini jika Anda memiliki jerawat di dahu. Menjepit poni juga bisa menjadi solusi yang patut dicoba.

5 dari 10 halaman

Medikasi

Jenis obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis yang lebih akurat.

6 dari 10 halaman

Iritasi

Jerawat yang disebabkan iritasi mungkin terjadi karena makeup yang tidak cocok. Bahan bandana atau topi yang tidak cocok dengan kulit sensitif Anda juga bisa menjadi penyebabnya.

7 dari 10 halaman

Makeup yang Tak Cocok

Beberapa jenis kosmetik mudah menyumbat pori-pori atau mengandung bahan iritan. Kombinasikan dengan poni yang selalu menutupi, jadilah jerawat di area dahi.

Anda bisa memilih produk makeup yang bersifat non-comedogenic untuk mencegahnya.

8 dari 10 halaman

Catok yang Tak Pernah Dibersihkan

Ilustrasi menggunakan catok. Femside.com

Alat catok bisa menjadi media penyebaran bakteri penyebab jerawat. Terutama jika catok tidak pernah dibersihkan.

Selalu bersihkan alat catok setelah penggunaan. Cabut dari sumber listrik dan tunggu sampai suhunya turun. Setelah itu bersihkan dengan kapas yang sudah ditetesi sedikit disinfektan. Bersihkan sudut-sudut yang sulit dirambah dengan korek kuping.


9 dari 10 halaman

Sering Menyentuh Wajah

Tangan Anda bersentuhan dengan bakteri dan kotoran sepanjang waktu. Jadi kebiasaan menyentuh dahi bisa menjadi penyebab jerawat. Hentikan kebiasaan ini jika tidak ingin kuman berpindah ke wajah.

10 dari 10 halaman

Wajah Berminyak

Produksi minyak berlebih di area wajah bisa menjadi penyebab jerawat. Jadi biasakan untuk membersihkan wajah dua kali sehari. Memakai pelembap yang bersifat mengontrol minyak juga cukup bermanfaat.

Itulah uraian singkat mengenai penyebab jerawat di dahi dan cara mengatasinya. [tsr]

Baca juga:
Jerawat di Bokong? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Olahraga beneran bisa bikin kulit glowing, tapi perhatikan 3 hal ini terlebih dahulu
Ternyata main hp bisa bikin jerawat dan penuaan dini!

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini