7 Cara Mencegah Meningitis, Penyakit yang Diderita Glenn Fredly

Kamis, 9 April 2020 10:58 Reporter : Mutia Anggraini
7 Cara Mencegah Meningitis, Penyakit yang Diderita Glenn Fredly Ilustrasi otak. ©Shutterstock/Anson0618

Merdeka.com - Musisi berbakat, Glenn Fredly meninggal dunia pada hari Rabu (8/4) di usia 44 tahun. Glenn menderita komplikasi meningitis.

Disebut sebagai penyakit berbahaya, meningitis ini pada umumnya merupakan radang selaput otak yang disebabkan oleh virus, kuman, dan jamur.

Untuk mencegah penyakit meningitis, simak ulasan berikut ini:

1 dari 7 halaman

Vaksin

ilustrasi vaksin

2013 Merdeka.com/Shutterstock/Lauren Ingro

Dikutip dari Halodoc, pemberian vaksin adalah cara yang tepat untuk mencegah penyakit meningitis. Vaksinasi direkomendasikan agar diberikan pada anak usia 11 atau 12 tahun.

Lalu diberikan vaksin tambahan kembali di rentang usia 16 hingga 18 tahun. Sebab, usia 18 hingga 21 tahun merupakan usia yang rentan terhadap risiko penularan meningitis.

Tidak hanya itu, pada umumnya vaksin meningitis ini juga perlu diberikan bagi seseorang yang ingin bepergian ke negara yang rentan terhadap penularan virus. Beberapa vaksinasi penyakit lain juga dapat mendukung kekebalan tubuh untuk menghalau penyakit meningitis.

Beberapa di antaranya adalah vaksinasi campak, gondong, rubella, dan cacar air yang sering disuntikkan pada anak-anak usia dini.

2 dari 7 halaman

Hindari Berbagi Barang Dengan Orang Lain

ilustrasi makan

Pixabay

Cara kedua untuk menghindari penyakit meningitis adalah dengan menghindari untuk berbagi barang dengan orang lain. Pasalnya, penyakit meningitis diklaim dapat menular lewat sentuhan fisik, pertukaran udara, dan penggunaan barang-barang pribadi.

Hindari untuk berbagi barang seperti sikat gigi, pakaian, piring, gelas, alat kosmetik, hingga rokok dengan seseorang yang terinfeksi meningitis. Sebab, barang-barang pribadi tersebut mungkin saja terdapat virus yang tertinggal melalui perantara air liur penderita.

Jika terjadi pertukaran barang yang tidak disengaja, maka segara cuci barang-barang pribadi Anda dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Sebab, virus, kuman, dan bakteri disinyalir dapat dibasmi dengan senyawa yang terkandung di dalam sabun.

3 dari 7 halaman

Jaga Jarak dengan Penderita

ilustrasi duduk

2012 Merdeka.com

Bakteri, kuman, dan virus penyebab penyakit meningitis pada umumnya terdapat pada hidung dan tenggorokan. Oleh karena itu, penyakit meningitis sangat mudah menular melalui cairan yang dihasilkan ketika batuk dan bersin.

Anda dapat tertular penyakit ini apabila berada dalam jangkauan yang cukup dekat dengan penderita hingga menyentuh cairan tubuh.

Direkomendasikan untuk selalu menggunakan masker bagi penderita meningitis agar tidak terjadi penularan dengan orang lain yang ada di sekitarnya.

4 dari 7 halaman

Mencuci Tangan

cuci tangan

2020 Merdeka.com

Cara ke empat untuk mencegah penyakit meningitis adalah dengan mencuci tangan. Sama halnya dengan influenza, penyakit meningitis juga memiliki gejala awal dan cara penularan yang sama.

Virus, kuman, dan bakteri yang menyebabkan penyakit meningitis dapat masuk ke mulut dan hidung melalui tangan. Sebab, tangan merupakan anggota tubuh yang paling aktif ketika melakukan berbagai rutinitas sehari-hari.

Oleh karena itu, hindari pula menyentuh wajah sesering mungkin dan rajin mencuci tangan setelah beraktivitas. Dengan begitu, maka virus penyebab meningitis dapat dibasmi secara optimal agar tidak menginfeksi tubuh.

5 dari 7 halaman

Rutin Membersihkan Perabot dan Barang Pribadi

ilustrasi membersihkan rumah

Shutterstock.com/Diego Cervo

Cara selanjutnya untuk mencegah penyakit meningitis adalah dengan rutin membersihkan perabot dan barang pribadi. Hal tersebut perlu dilakukan apalagi jika Anda memiliki anggota keluarga yang menderita meningitis.

Usahakan agar perabot dan barang pribadi yang telah dipakai penderita meningitis selalu bersih kembali. Cara ini dilakukan agar penyakit meningitis tidak dapat menular anggota keluarga yang lain melalui cairan batuk dan bersin yang mungkin tertinggal pada perabot atau barang yang dipakai.

6 dari 7 halaman

Rutin Membersihkan Lingkungan Tempat Tinggal

ilustrasi membersihkan rumah

Shutterstock/mmphotographie.de

Cara ke enam untuk mencegah penyakit meningitis adalah dengan rutin membersihkan lingkungan tempat tinggal. Hal ini dilakukan agar kebersihan dan kenyamanan tempat tinggal dapat terjaga dengan baik.

Sebab, lingkungan tempat tinggal yang bersih dan nyaman akan membuat energi positif untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat pula. Sebagai pendukung, Anda dapat menanam dan mengatur tanaman di sekitar tempat tinggal agar terjadi sirkulasi udara di dalam rumah.

7 dari 7 halaman

Meningkatkan Imun Tubuh

perut

www.phillymag.com

Penyakit meningitis diklaim dapat teratasi apabila seseorang memiliki imun tubuh yang kuat. Maka dari itu, cara yang terakhir untuk mencegah penyakit meningitis adalah dengan meningkatkan imun tubuh.

Meningkatkan imun tubuh ini dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup yang sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan rutin melakukan olahraga.

Bagi Anda yang terbiasa menerapkan pola hidup sehat, pasti hal ini akan mudah untuk dilakukan. Lain halnya apabila Anda tidak terbiasa untuk menerapkannya. Maka cara ini menjadi sesuatu hal yang membutuhkan waktu dan niat yang tinggi.

Tidak perlu khawatir, mengonsumsi olahan tanaman herbal, jamu tradisional, dan lain sebagainya diklaim juga dapat membantu tubuh untuk melawan patogen asing dalam tubuh. Salah satu patogen berbahaya dalam tubuh adalah virus yang dapat menyebabkan penyakit meningitis.

[mta]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini