11 Makanan Ayam Terbaik dan Bernutrisi Tinggi

Senin, 29 Juni 2020 10:29 Reporter : Khulafa Pinta Winastya
11 Makanan Ayam Terbaik dan Bernutrisi Tinggi Ilustrasi peternakan ayam. ©Shutterstock/tukkata

Merdeka.com - Makanan ayam yang bernutrisi tinggi sangatlah berpengaruh terhadap tumbuh dan kembang ayam selama di peternakan. Kebanyakan, produktivitas ayam akan dipengaruhi oleh jenis pakan yang dimakan oleh ayam.

Pakan merupakan bagian paling penting untuk mengingatkan mutu hewan ternak. Maka dari itu, penting bagi para peternak untuk tidak asal memberikan makanan untuk ayam. Melainkan harus mempertimbangkan nutrisi yang baik.

Nutrisi yang baik dan cukup akan berguna untuk pertumbuhan dan kualitas ayam ternak. Perlu juka mengetahui usia ayam, jenis ayam, dan lainnya untuk mengetahui pakan apa yang harus diberikan.

Berikut jenis makanan ayam terbaik dan bernutrisi tinggi dilansir dari laman nandatrio.com:

2 dari 6 halaman

Pakan untuk Ayam Broiler

Pelet

Pelet merupakan jenis pakan yang cukup disukai oleh ayam jenis broiler. Selain memiliki nutrisi yang tinggi, plet juga disebut lebih hemat dan efisien dibanding jenis pakan yang lain.

Dedek Padi (Bekatul)

Jenis pakan ini sering juka kita sebut dengan bekatul. Kandungan asam amino yang tinggi pada bekatul menghasilkan kalori dan lemak yang cukup tinggi sehingga cocok untuk menambah berat ayam broiler.

Pastikan untuk memberikan bekatul yang masih memiliki kualitas yang bagus dan tidak berbau agar ayam tetap terpenuhi nutrisinya.

3 dari 6 halaman

Tepung-tepungan

Jenis pakan satu ini cukup bagus untuk sistem pencernaan pada ayam. Anda bisa memberikan tepung tulang sebagai pakan yang kaya akan kalsium dan fosfor yang baik untuk sendi ayam.  
Selain tepung tulang, bisa diberikan tepung ikan. Tepung ini dihasilkan dari olahan ikan yang dikeringkan kemudian digiling halus menjadi tepung.

Sorgum

Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sorgum mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bagus untuk keseatan pencernaan pada ayam.

Meski begitu, sorgum cukup sulit didapatkan karena hanya ada di beberapa daerah tertentu saja.

Pollard

Pollard merupakan pakan ayam yang berasal dari olahan gandum yang biasa diubah menjadi tepung terigu. Kandungan yang ada di dalam Pollard ini sangat bagus untuk kesehatan ayam broiler yang ada di peternakan karena kaya akan lemak, protein, dan juga tinggi serat. Namun, jenis pakan ini tidak dianjurkan untuk diberikan setiap hari.

4 dari 6 halaman

Makanan Ayam untuk Jenis Aduan

Berbeda dengan ayam broiler, ayam aduan memiliki jenis makanan yang sedikit berbeda, diantaranya:

Konsentrat (Pur)

Pengertian sederhananya pur adalah makanan ayam dari berbagai macam bahan yang dikombinasikan menjadi satu. Konsentrat perlu diberikan kepada ayam untuk menyeimbangkan kebutuhan gizi pada ayam. Biasanya peternak memberikan konsetrat pada ayam dewasa untuk menambah bobot pada ayam aduan.

Jagung

ilustrasi jagung©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Maks Narodenko



Jagung yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi juga baik digunakan sebagai pakan ayam aduan. Jagung sendiri berguna untuk  menambah berat badan ayam, meningkatkan kekuatan, mempercepat pengerasan otot dan masih banyak lagi.

Sebelum memberikan jagung secara utuh, peternak biasanya juga akan memberikan beras jagung kepada ayam yang masih kecil.

5 dari 6 halaman

Gabah

Gabah juga bisa dijadikan sebagai pakan untuk ayam. Gabah biasanya dipakai oleh peternak untuk memberi makan ayam aduan yang terlalu gemuk.

kurangi makan nasi putih dan dapatkan 4 manfaat iniwww.boldsky.com


Nasi Putih

Nasi juga bisa dijadikan sebagai salah satu pakan untuk ayam aduan. Nais putih bisa membantu memenuhi kebutuhan dasar nutrisi untuk ayam. Namun, sebaiknya jangan gunakan nasi putih sebagai makanan pokok karena bisa menyebabkan ayam memiliki bobot yang berlebih karena kandungan karbohidrat yang sangat tinggi. Berikan nasi putih sebagia pakan selingan pada ayam.

6 dari 6 halaman

Singkong

002 tantri setyorini© Acetforafrica.org


Untuk menghemat pakan ternak, kita bisa menggunakan singkong sebagai pakan tambahan. Caranya cukup mudah potong singkong agar lebih mudah dimakan lalu berikan kepada ayam. Namun, pemberian singkong basah untuk ayam sebaiknya tidak terlalu sering, seminggu dua kali atau seminggu sekali sudah cukup.

Sayuran

Untuk melengkapi nutrisi pada ayam, pemberian sayuran juga bagus untuk memenuhi asupan gizi. Adapun beberapa sayuran yang bisa diberikan diantaranya, daun sawi, kubis, dan daun selada. Pemberian sayur juga tidak dianjurkan terlalu sering diberikan kepada ayam.


[khu]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini