Ngarai Sianok, Lembah Cantik di Sudut Kota Bukittinggi

Kamis, 13 Mei 2021 15:00 Reporter : Tyas Titi Kinapti
Ngarai Sianok, Lembah Cantik di Sudut Kota Bukittinggi Ngarai Sianok. ©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Merdeka.com - Hijau daun pepohonan terbentang luas dan bertengger di perbukitan yang terjal. Di dasarnya mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku menelusuri celah-celah tebing. Pemandangan semakin memukau dengan latar belakang Gunung Singgalang yang gagah.

Pesona inilah yang disajikan di Ngarai Sianok, Bukittinggi, Sumatera Barat. Ngarai Sianok merupakan lembah curam dengan kedalaman sekitar 100 m yang membentangsepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m. Tanaman tumbuh subur di dalamnya memanjakan mata.

Keindahannya telah membuat namanya menjadi tersohor hingga ke mancanegara. Tempat wisata ini tak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Barat, tapi juga Indonesia.

ngarai sianok
©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Sejatinya, Ngarai Sianok merupakan bagian dari patahan yang memisahkan Pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (Patahan Semangko). Patahan ini membentuk dinding yang curam. Tegak lurus dan membuat lembah hasil dari gerakan turun kulit bumi (sinklinal).

Di bagian dasarnya dialiri Batang (sungai) Sianok yang airnya jernih. Tak hanya nikmat dipandang mata, sungai juga menjadi sara pariwisata. Diantaranya arung jeram, kayak dan kano. Menyusuri Batang Sianok wisatawan akan disuguhi pemandangan Ngarai Sianok dari sudut pandang yang berbeda.

ngarai sianok
©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo


Ada spot andalan saat berkunjung di Ngarai Sianok bernama viewing platform. Dari titik sini, kamu bisa mengabadikan foto dengan lanskap lembah. Viewing platform lainnya membentuk tulisan i love u.Tempat ini menjadi spot foto favorit para pengunjung, khususnya anak muda.

Sembari menikmati embusan udara sejuk, angin semilir sepoi-sepoi dan hijaunya pemandangan. Di tempat yang disebut sebagai tempat terindah di Sumatera Barat ini, kamu bisa menikmati camilan ringan. Segelas teh hangat dan pisang goreng mampu melengkapi momen kebahagiaanmu.

ngarai sianok
©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Pesona wisata Ngarai tak hanya sampai di lembahnya saja. Namun juga sekelilingnya. Dari sisi kananya, terdapat areal persawahan yang terbentang luas hingga ke kaki Ngarai. Dengan tebing-tebing tinggi yang seolah melindungi area pemukiman ini.

Yang menarik, terdapat jalan setapak kecil ini berkelok-kelok yang melintas di tengah persawahan. Dari kejauhan, area persawahan di Ngarai Sianok bak lukisan. Pesonanya membuat tempat ini sempat viral di media sosial.

ngarai sianok
©2021 Merdeka.com/Gebyar Adisukmo

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Ngarai Sianok. Kamu menempuh waktu 73 km atau sekitar 2 jam perjalanan dari Bandara Internasional Minangkabau. Harga tiket masuk yang dipatok untuk wisata ini tergolong murah, anak-anak, Rp 10 ribu dan dewasa Rp 15 ribu.

Tempat wisata ini cocok dikunjungi dengan keluarga, dengan udara yang sejuk dan menenangkan. Selain berkunjung di Ngarai, kamu bisa datang ke tempat wisata lainnya di Bukittinggi.


[Tys]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini