Youb.id Tawarkan Lelang Online Lebih Aman & Fun daripada di Media Sosial

Senin, 28 Oktober 2019 10:38 Reporter : Syakur Usman
Youb.id Tawarkan Lelang Online Lebih Aman & Fun daripada di Media Sosial platform Youb.id tawarkan lelang online yang aman dan nyaman. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Ekonomi digital di Indonesia semakin berkembang di segala sektor. Kali ini di sektor lelang dengan kehadiran platform lelang digital bernama Youb.id.

Platform lelang online Youb.id diperkenalkan di Jakarta, kemarin (27/10), diselingi dengan bincang-bincang dengan Alfia Fadilla dan Triwi Dyatmoko dengan topik "Pilih Mana Preloved Ori atau Baru tapi KW" dan live bid beberapa koleksi barang di Youb.id. Diperkenalkan pula Youb.id Fundraising, yakni aktivitas lelang online untuk donasi sosial.

Dibangun sejak Januari 2019 oleh PT Tria Ventura, aplikasi Youb.id sudah bisa diakses dengan mengunduh di Google Play untuk smartphone berbasis android dan iStore bagi pengguna Apple.

Viar Hendiar, Chief Executive Officer (CEO) Youb.id, menjelaskan terilham dari eBay, Youb.id lahir sebagai platform digital ekonomi dengan aktivitas lelang online bersifat customer to customer (C2C) yang menawarkan keamanan dan kenyamanan lebih baik dibandingkan lelang online melalui media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Di dalam situsnya, konsumen akan mendapatkan pengalaman lelang beragam kategori barang, seperti ‘Pakaian dan Aksesoris Wanita dan Pria', ‘Elektronik', ‘Handphone dan Tablet', ‘Collector’s Item, ‘Otomotif', dan sebagainya.

Secara prinsip, hampir semua jenis/kategori barang dapat dilelang di Youb.id, asal tidak termasuk dalam barang dan item yang dilarang dilelang. Seperti barang yang mengandung unsur pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (hak cipta, merek dagang, hak desain, dan hak paten).

Kemudian data pribadi dalam bentuk apa pun, benda peninggalan bersejarah, budaya, atau temuan arkeologi. Obat-obatan serta produk medis dan farmasi lainnya; kartu identitas dan dokumen resmi; perangkat lunak atau keras untuk decoding/dekripsi maupun nomor seri pembuka program/akses tidak sah, dan sebagainya.

Aris Maryadi, Chief Technology Officer (CTO) Youb.id, menambahkan platformnya memiliki sistem yang membuat lelang maupun donasi berlangsung aman tanpa celah kecurangan, penipuan, serta pengguna fiktif atau penawaran fiktif.

"Kami menawarkan pengalaman aktivitas lelang online yang seru dan fleksibel bagi seluruh anggotanya, dengan jaminan keamanan transaksi dalam pembayaran serta pengiriman barangnya," ujar Aris.

Untuk keamanan bertransaksi, Youb.id menggandeng payment gateway Midtrans yang sudah teruji keandalannya. Cara lain, tersedia pula ragam saluran pembayaran lain, seperti transfer bank ke virtual account Mandiri, BNI, dan Permata. Kemudian pembayaran via ATM di jaringan ATM Prima, ATM Bersama, dan ALTO.

"Proses pembayaran melalui Youb.id jadi lebih transparan dan terhindar dari kemungkinan kecurangan, apalagi penipuan. Kami sangat menjaga privasi dan keamanan pengguna. Misalnya sistem keamanan internet menggunakan SSL (Secure socket Layer) dengan enkripsi 256 bit, selain bekerja sama dengan payment gateway Midtrans," ujar Aris.

Bila terjadi despute terhadap barang yang dilelang, kata Aris, pihaknya sudah memiliki tim customer service yang khusus menangani dan menyelesaikan kasus sengketa ini.

1 dari 1 halaman

Kelebihan Lelang di Youb.id

 /></p>
<p style=2019 Merdeka.com

Menurut Aris, Youb.id memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

1. Pengiriman barang dilakukan oleh Youb.id sendiri supaya pengiriman barang hasil lelang kepada pemenang dapat dipantau secara langsung.

2. Fasilitas yang memudahkan bagi penjual, yakni 'pick up' oleh shipper dari Youb.id.

3. Notifikasi-notifikasi otomatis dari proses lelang, yang berfungsi mengingatkan member akan transaksi ataupun aktivitas pelelangannya.

4. Tersedia opsi buy now, yang memungkinkan penawar langsung memenangi lelang dengan harga tertentu yang ditetapkan penjual (tanpa menunggu masa akhir lelang).

5. Tersedia opsi Youb.id Fundraising, yang memungkinkan penggalangan dana secara online berbasis pelelangan barang.

Viar Hendiar, CEO Youb.id, menambahkan Youb.id dan Youb.id Fundraising menargetkan jumlah anggota dan transaksi lelang meningkat dari para pengguna yang mengenal proses lelang barang online sebelumnya. Di tahap awal ini, targetnya 1.000 member aktif dan minimum 50 transaksi per minggu.

"Selanjutnya seiring penyempurnaan tersebut, target jangka menengah Youb.id dan Youb.id Fundraising adalah mencapai peningkatan jumlah pengguna dengan menyasar pengguna yang familiar dengan transaksi e-commerce, tapi belum pernah mencoba membeli barang lewat lelang. Di fase inilah Youb.id menargetkan member-nya minimal mencapai 20.000 member aktif, dengan minimum transaksi harian sebanyak 50-100 transaksi," pungkas dia.

[sya]
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini