Sundar Pichai, sosok cerdas dibalik Google Chrome

Senin, 29 Juni 2015 18:06 Reporter : Larensi Mahligai Mustika Rani
Sundar Pichai, sosok cerdas dibalik Google Chrome Sundar Pichai. © Mobilesyrup.com

Merdeka.com - Siapa yang tidak tahu Chrome? Chrome adalah browser terbaik milik Google yang mengalahkan browser sebelum-sebelumnya. Di balik kesuksesan Chrome, ada tokoh istimewa Google yang bernama Sundar Pichai.

Sundar Pichai yang berumur 43 tahun ini adalah penduduk asli India Selatan, Tamil Nadu. Dia tumbuh dengan otak yang gemilang sejak kecil. Pichai memperoleh gelar sarjana engineering and materials science di Indian Institute of Technology dengan nilai tinggi. Dia juga mendapat beasiswa S2 di Stanford University.

Beberapa tahun kemudian dia meraih gelar M.S dari Stanford University dan MBA dari Wharton School.

Sebelum bergabung dengan Google tahun 2004, Sundar Pichai bekerja di McKinsey dan Applied Materials. Di awal karirnya, pria sederhana ini menangani toolbar pencarian di Google bersama tim kecilnya.

Kemudian dia memiliki inovasi agar Google membuat browser sendiri. Di dukung oleh rekan-rekannya, akhirnya Sunder Pichai memimpin pembuatan Google Chrome dan Chrome OS.

Chrome OS dirilis pada Juli 2009. Sunder Pichai memberikan demonstrasi Chrome OS yang telah dibuat pada tanggal 19 November 2009. Sejak di rilis, Chrome memiliki banyak penggemar.

Bahkan, hanya butuh waktu 3 tahun saja untuk browser buatan Chrome ini mengalahkan pesaing-pesaingnya. Dan kini, Chrome telah menjadi browser terbaik dan paling banyak digunakan.

Selain mengembangkan Chrome, Sunder Pichai juga terlibat dalam proyek-proyek besar Google lainnya, seperti Google toolbar, desktop search, gadget, Google pack, Google gears, dan aplikasi seperti Gmail, Google map, dan produk Mac.

Pada tahun 2013, Sundar Pichai menggantikan posisi Andy Rubin karena prestasi-prestasinya selama ini. Dia menjadi eksekutif yang bertanggungjawab atas sistem operasi Google Android untuk smartphone dan tablet. [lar]

Topik berita Terkait:
  1. TekStory
  2. Software PC
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini