Selain Tasikmalaya, gempa hebat juga dirasakan sampai Jepang bahkan Peru!

Sabtu, 16 Desember 2017 11:58 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selain Tasikmalaya, gempa hebat juga dirasakan sampai Jepang bahkan Peru! gempa tasikmalaya. ©2017 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Malam tadi, (15/12) Indonesia sedang dilanda bencana. Tepatnya adalah gempa berkekuatan 6,9 SR yang mengguncang Tasikmalaya dan sekitarnya. Hal tersebut ditengarai oleh adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Autralia.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 23:47 WIB. Menurut analisis BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) menyebutkan bahwa gempa tersebut terletak di koordinat episenter pada 7,75 LS dan 108,11 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km arah tenggara Kota Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat pada kedalaman 120 kM.

Akan tetapi, gempa tersebut ternyata tidak hanya dirasakan di Indonesia saja. Bahkan Jepang pun juga. Namun hingga kini belum diketahui apakah gempa yang terjadi di Jepang juga berhubungan dengan gempa Tasikmalaya atau tidak. Menurut Volcano Discovery, setidaknya ada 10 titik gempa yang terjadi selama kurun waktu 24 jam. Yang mana datanya sebagai berikut.

Daftar gempa ©2017 Volcanodiscovery.com

Hingga saat ini masih akan diteliti lebih lanjut mengapa ada gempa yang terjadi secara beruntun di beberapa titik, bahkan di tempat yang relatif berjauhan. [ega]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini