Multipolar Technology Tawarkan Solusi IBM Guardium dan Security QRadar XDR

Selasa, 17 Mei 2022 20:24 Reporter : Syakur Usman
Multipolar Technology Tawarkan Solusi IBM Guardium dan Security QRadar XDR PT Multipolar Technology tawarkan dua solusi security untuk segmen korporasi.. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Multipolar Technology Tbk, anak usaha PT Multipolar Tbk, di layanan pengembangan teknologi digital perusahaan, menawarkan dua solusi security, yakni IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR, ke pasar Indonesia.

Solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR akan mempermudah pengelolaan dan menjaga keamanan data perusahaan. Apalagi proses bisnis yang semakin digital, jarak jauh, dan otomatis membutuhkan pengelolaan data yang besar, rinci, cepat, akurat, dan aman dari ancaman, terutama perlindungan data pribadi yang membutuhkan jaminan kerahasiaan.

Jip Ivan Sutanto, Director Enterprise Application Services Business Multipolar Technology, mengatakan IBM Guardium dihadirkan sebagai perangkat lunak (software) Database Activity Monitoring yang mampu memproteksi data dan mempermudah monitoring aktivitas database dengan fitur lengkap dan powerful.

“Solusi ini dapat memonitor dan menjaga puluhan tipe Relational Database Management System [RDBMS] dan non-RDBMS di cloud dan on-premises yang kemudian disajikan dalam satu-kesatuan report dan dashboard,” ujar Jip Ivan dalam seminar di Jakarta, Selasa (17/5).

Menurutnya, solusi IBM Guardium juga mempermudah pelacakan letak data rahasia (confidential) yang tersimpan serta mengetahui apakah teknologi informasi dan database yang dipakai perusahaan memiliki celah keamanan, bug, leak, dan semacamnya.

Kelebihan solusi IBM Guardium lainnya adalah dapat memantau aktivitas database dari berbagai sumber data dengan satu sistem pelaporan secara terintegrasi dan real-time.

Solusi IBM Security QRadar XDR

Pergeseran operasional bisnis dari sistem konvensional ke digital membuat data yang harus dibaca dan dianalisis perusahaan semakin banyak. Masalahnya, untuk menjaga keamanan data, masih banyak perangkat keamanan siber perusahaan yang berdiri sendiri-sendiri alias silo.

Bukan hanya itu, tak terpantaunya akses ke jaringan perusahaan dari beragam perangkat, kurangnya kemampuan tim keamanan siber dalam menentukan prioritas penyelesaian ancaman, dan kompleksitas serangan yang sangat cepat berevolusi, adalah sederet tantangan lain dalam operasional bisnis perusahaan.

Nah, teknologi Endpoint Detection and Response (EDR), Network Detection and Response (NDR), cloud, dan sebagainya yang berkembang tidak lantas bisa menyajikan seluruh data ke dalam satu dashboard, tanpa menggunakan platform Security Information and Event Management (SIEM). Untuk itu, IBM Security QRadar XDR menjadi solusinya.

Jip Ivan menjelaskan, solusi IBM Security QRadar XDR yang dikembangkan IBM membantu menggabungkan kemampuan teknologi EDR, NDR, SIEM, hingga SOAR menjadi satu-kesatuan alur kerja yang komprehensif.

Solusi tersebut menghubungkan informasi dan menjalankan fungsi secara otomatis atas bantuan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), sehingga suatu kejadian dapat direspons dan ditangani tim teknologi informasi perusahaan dengan cepat.

“IBM Security QRadar XDR unggul karena didukung teknologi open source, yang memungkinkan interoperabilitas dan kolaborasi antar-sistem keamanan, fleksibel, serta dapat dikembangkan dan diintegrasikan dengan ribuan perangkat lunak IBM App Exchange dan IBM X-Force Exchange,” ungkapnya.

IBM Security QRadar XDR Suite memiliki lima modul produk utama, antara lain QRadar SIEM yang dengan kemampuan User Behavior Analytics (UBA)-nya secara otomatis mengidentifikasi dan menganalisis potensi ancaman dari dalam perusahaan secara real-time sehingga cukup waktu dan data untuk merespons ancaman.

Kemudian QRadar NDR; modul pendukung QRadar SIEM untuk mendeteksi dan menganalisis informasi jaringan yang terdiri dari beberapa produk seperti QRadar Network Insights (QNI), QRadar Network Threat Analytics (QNTA), dan DNS Analyzer. Serta QRadar SOAR; modul pendukung QRadar SIEM dengan fungsi Security Orchestration, Automation, and Response (SOAR) hasil akuisisi dari Resilient SOAR yang dapat diintegrasikan dengan QRadar SIEM sebagai bentuk respons dan otomasi dari insiden yang terdeteksi.

Jip Ivan mengatakan semua perusahaan di era digital wajib mengelola dan menjaga keamanan datanya. Karena itu, perusahaan-perusahaan di Indonesia dapat menghubungi Multipolar Technology agar bisa menggunakan solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR untuk itu.

[sya]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini