Ini 5 contoh sukses pebisnis yang iklan di Instagram

Jumat, 16 Oktober 2015 11:43 Reporter : Larensi Mahligai Mustika Rani
Ini 5 contoh sukses pebisnis yang iklan di Instagram Instagram. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Media sosial Instagram menyediakan fitur untuk para pebisnis bisa memasang iklan pada feed Instagram. Walaupun tergolong baru, namun banyak sekali bisnis besar maupun kecil yang merasakan peluang dari Instagram ini.

Sampai saat ini, lebih dari 400 iklan terpasang secara global di Instagram. Sebanyak 97 persen dari iklan pebisnis tersebut menunjukkan peningkatan. Jika seorang pebisnis dan masih ragu mengiklan di Instagram, berikut 5 contoh bisnis yang menggunakan iklan Instagram dan telah sukses besar.

1 dari 5 halaman

CCTVNews China

Pebisnis sukses iklan di Instagram. ©2015 Merdeka.com

Televisi CCTVNews (@cctvnews) memposisikan diri sebagai sumber berita dunia dengan perspektif China kepada pengguna Instagram dan Facebook. Dengan menggunakan iklan video berdurasi 15 detik, mereka menampilkan berita paling berpengaruh dengan tagline 'Taking you further'. 

Iklan ini memanfaatkan kemampuan Instagram untuk menjangkau 3,7 juta pendatang muda kebangsaan China di Amerika Serikat. Kampanye yang berlangsung selama dua minggu ini juga berhasil meningkatkan kesadaran brand hingga empat poin.

Dengan memproduksi konten video yang spesifik sesuai dengan platformnya untuk menampilkan keragaman serta kualitas dari program berita kami, kami bisa benar-benar berinteraksi dengan komunitas anak muda yang berbicara menggunakan bahasa Inggris melalui mobile,” ujar kepala stasiun dari operasi global multimedia, Zhang Shilei.

2 dari 5 halaman

The ICONIC, Australia

australiaPebisnis sukses iklan di Instagram. ©2015 Merdeka.com

Brand fashion asal Australia The ICONIC (@iconicau) ingin menginspirasi banyak orang melalui visual. Tidak hanya itu, mereka menjual koleksi musim gugur dan musim dingin. Mereka membuat foto dan video sesuai platform dengan latar belakang alam bebas Australia.

Setelah menarik minat pengguna, brand menggunakan iklan call-to-action di Facebook untuk mengetahui lebih lanjut siapa saja yang telah melihat iklan kreatif mereka di Instagram. Hasilnya, konversi meningkat lebih dari 23 persen dan terjadi peningkatan keranjang belanja hingga 25 persen.

3 dari 5 halaman

Tsuchiya Kaban, Jepang

jepangPebisnis sukses iklan di Instagram. ©2015 Merdeka.com

Perusahaan kerajinan tangan berbahan kulit ini (@tsuchiya_kaban), fokus pada keindahan penampilan produk mereka di Instagram. Kampanye pemasaran mereka di Instagram menampilkan 4 foto kreatif yang menyoroti kualitas terbaik dari produk kulit mereka. 

Tiga dari foto kreatif ini menampilkan rasa peduli dan kasih sayang pemilik tas Tsuchiya, dengan keterangan unik, seperti 'aku sangat mencintainya' atau 'Aku mengaguminya'.

Sedangkan foto keempatnya menampilkan tempat kartu nama buatan mereka bersama dengan alat tulis lainnya, dengan keterangan 'Teman kerjaku yang paling utama'. Iklan Instagram mereka ini mampu menjangkau setengah juta orang dan meningkatkan poin mereka.

4 dari 5 halaman

Philadelphia, Australia

Pebisnis sukses iklan di Instagram. ©2015 Merdeka.com

Philadelphia menginspirasi pecinta kuliner dengan resep yang kreatif untuk acara perayaan Natal dengan menggunakan Pourover Cream Cheese. Brand krim keju terkenal ini (@phyillyaus) membuat serangkaian foto krim keju yang dibentuk menjadi kreasi menarik.

Untuk menghubungkan Pourovers dengan resep yang kreatif dan menyegarkan serta mampu meningkatkan penjualan mereka secara signifikan hingga 41 persen.

"Sangat penting bagi kesuksesan kampanye ini untuk menarik minat pelanggan dalam lingkungan di mana mereka secara aktif mencari hiburan yang inspiratif," Bianca Melky, Senior Brand Manager Philadelphia.

5 dari 5 halaman

Snail Games, China

chinaPebisnis sukses iklan di Instagram. ©2015 Merdeka.com

Perusahaan game asal China ini ingin mendorong penemuan game role-play mobile mereka, Tichi Panda (@taichipandaen) untuk laki-laki berusia 15 hingga 40 tahun di Amerika.

Selama iklan Taichi Panda di Amerika, dilakukan sebuah pengujian pada sebuah kelompok untuk melihat iklan video Instagram yang penuh humor. Sementara kelompok satu lagi, tidak melihat viodeo tersebut. 

Dari pengujian tersebut, ternyata kombinasi dari iklan Instagram dan televisi berhasil mendorong peningkatan sebesar 339 persen pada penginstalan aplikasi game Snail Games. Selain itu, terjadi peningkatkan 1,5 kali pada pembelian aplikasi. 

Instagram bukan hanya media sosial yang bisa digunakan untuk hiburan saja, namun pebisnis juga bisa mendapatkan keuntungan dari sana. Iklan di Instagram bisa membuat penggunanya untuk membeli produk, mengunjungi website atau mengunduh aplikasi. [lar]

Baca juga:
Di Indonesia, BBM dinikmati 55 juta pengguna
Media sosial terbesar kedua di dunia ini tidak akan berumur lama?
Akun pebisnis lokal kini bisa diverifikasi oleh Facebook
Heboh, beredar sandal dengan lafaz Allah di bagian alas
Manjakan penggemar belanja, Facebook tambahkan fitur shopping
Media sosial mampu pengaruhi keputusan perusahaan atau pemerintah

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Instagram
  3. Jejaring Sosial
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini