Cara Membatasi Orang Untuk Melihat Feed dan Story Instagram Anda

Selasa, 14 Mei 2019 16:40 Reporter : Indra Cahya
Cara Membatasi Orang Untuk Melihat Feed dan Story Instagram Anda Vertikal Instagram. ©2018 TIME

Merdeka.com - Tak bisa dimungkiri, saat ini kita hidup di era media sosial. Semua kegiatan masyarakat mereka abadikan sendiri di platform-platform seperti Instagram dan Facebook.

Hal ini tentu membuat kita bisa terkoneksi ke banyak teman, kolega, ataupun kawan lama. Atensi terhadap kehidupan seseorang pun makin kencang terjadi. Kekurangannya, tentu privasi kita jadi kurang terjaga karena kemudahan akses terhadap apapun yang kita posting.

Meski demikian, masih ada cara untuk kita tetap menjaga privasi kita dan membagi apa yang ingin kita bagi untuk orang-orang yang kita mau saja. Platform yang mungkin bisa menjaga privasi dengan baik adalah Instagram. Feed dan Story Instagram Anda pun bisa aman asal Anda bisa menyetelnya dengan baik.

Berikut deretan cara untuk membatasi orang lain mengintip feed atau Instagram Story Anda, seperti dilansir dari Guiding Tech.

 

1. Archive atau Hide old post

Jika Anda khawatir akan ada akun yang scroll feed Anda dan menemukan posting lawas Anda, ternyata Instagram punya cara untuk mengarsipkannya.

Untuk menyembunyikannya, ketuk tombol tiga titik dan pilih opsi Archive. Foto akan langsung menghilang dari profil Anda. Kapanpun Anda membutuhkannya kembali, buka profil Anda dan pilih tombol Archive di kanan atas setelah memilih Archive Post, seluruh koleksi Archive Anda akan muncul.

Untuk menampilkannya lagi ke Feed, Anda tinggal mengetuk gambar dan memilih opsi Show on Profile.

 

2. Hide Activity Status

Fitur last seen memang ada di Instagram dan memang tak berhubungan dengan Story dan Feed. Fitur ini hanya ada di DM. Namun follower Anda yang cukup obsesif mungkin akan memeriksa juga last seen ini untuk mengetahui kapan terakhir kali Anda aktif.

Untuk menyembunyikan last seen atau activity status ini, buka profil Anda dan ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas. Buka Settings, pilih Privacy and Security, lalu Activity Status, dan matikan opsi tersebut.

 

3. Block

Jika Anda ingin benar-benar hilang dari seseorang tanpa bisa diakses Story maupun Feed, secara sederhana Anda bisa memblokirnya.

Untuk memblokir sebuah akun, Anda hanya tinggal mengetuk tombol tiga titik dan menekan block.

 

4. Memprivat Akun

Terkadang jika Anda tak ingin segala posting Anda di Instagram jadi konsumsi orang banyak, memprivat akun adalah jawaban terakhir. Dengan ini, Anda bisa secara selektif memilih siapa yang melihat dan mengomentari foto, video, dan Story Anda.

Untuk membuat profil Anda privat, buka Settings, lalu Provacy and Security, Account Privacy, dan klik untuk menyalakannya. [idc]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini