Cara Agar Baterai HP Lebih Awet dan Tahan Lama, Simak Langkah-langkahnya!

Selasa, 24 Januari 2023 09:17 Reporter : Fauzan Jamaludin
Cara Agar Baterai HP Lebih Awet dan Tahan Lama, Simak Langkah-langkahnya! Baterai smartphone. © Fastcompany.net

Merdeka.com - Ada konsekuensi yang harus diterima pengguna HP jika ‘jorok’ saat nge-charge. Dampak yang harus diterima adalah menurunnya kemampuan baterai HP. Kemampuan baterai akan terus menerus menurun. Yang merepotkan adalah sebentar-sebentar Anda harus mengisi listrik baterai padahal belum lama dicabut.

Tak jarang juga berakhir dengan kerusakan baterai. Menurut laporan GizChina, Selasa (24/1), kebanyakan pengguna benar-benar mengabaikan petunjuk yang disampaikan oleh pabrikan. Bila itu tak ingin terjadi, langkah-langkah berikut ini harus Anda lakukan ketika mengisi daya smartphone kesayangan:

Gunakan Charger Resmi

Menggunakan pengisi daya asal adalah salah satu kesalahan terbesar dan juga salah satu yang paling sering dilakukan. Karena sebagian besar pabrikan menyediakan konektor dan pengisi daya resmi di dalam kotak, di samping perangkat, sangat penting untuk menggunakannya dalam hal ini.

Jika tidak, kunjungi toko terkemuka atau official strore dan cari yang kompatibel dengan ponsel cerdas Anda. Ini juga berlaku untuk kabel, karena salah satu dari dua komponen ini mungkin mengalami kerusakan internal akibat pemadaman listrik.

Jangan Biarkan HP Di-charge Hingga 100 Persen

Mengapa? Meskipun dimungkinkan, beberapa orang memilih untuk mengisi smartphone-nya ketika mereka mendapat pemberitahuan yang mengingatkan mereka bahwa daya baterai sudah 20 persen. Dalam kondisi seperti ini, penting untuk memperhatikan ponsel dan mencolokkannya segera setelah adanya peringatan.

Menurut para ahli, persentase beban yang sesuai berkisar antara 20 persen hingga 80 persen. Nyatanya, banyak smartphone yang tidak dilakukan seperti itu. Dampaknya adalah kekuatan perangkat akan berkurang jika tidak selalu mengisi daya sebelum mencapai tingkat energi minimalnya atau jika selalu terisi penuh hingga mencapai 100 persen.

Hal yang senada juga jangan dilakukan walau HP Anda memiliki kemampuan untuk berhenti mengisi daya saat baterai mencapai 100 persen. Ini tidak berarti pengisi daya berhenti berfungsi, justrusebaliknya, jika kita membiarkan baterai menjadi rendah, baterai akan hidup kembali untuk memulihkan kapasitasnya. Kami juga menyarankan Anda untuk tidak menggunakan smartphone saat masih mengisi daya.

Stop Gunakan HP saat Mengisi Daya

Bermain game atau menonton video sambil mengisi daya sangat berbahaya karena menyebabkan siklus pengisian daya terdistorsi. Itu membuat baterai smartphone menjadi panas, dan dapat merusaknya. Alangkah baiknya, jangan gunakan HP kala mengisi daya.

[faz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini