7 Smartphone Terbaik Dengan RAM 8GB, Mana Smartphone Ngebut Pilihanmu?

Rabu, 3 Juli 2019 00:01 Reporter : Indra Cahya
7 Smartphone Terbaik Dengan RAM 8GB, Mana Smartphone Ngebut Pilihanmu? Peluncuran Xiaomi Mi 9. ©REUTERS/Jason Lee

Merdeka.com - Kalau beberapa tahun lalu, bahkan PC saja memiliki RAM 4GB saja. Namun saat ini, smartphone flagship dengan RAM 8GB adalah hal standar. Febriari lalu bahkan diperkenalkan Samsung S10+ dengan RAM 12GB dan storage 1TB.

Kapasitas RAM yang tinggi punya jaminan penuh soal performa. RAM yang tinggi ini punya keutamaan terbaik soal kebalnya smartphone terhadap update yang kerap menggerus performa perangkat. Hal ini membuat perangkat jadi lebih awet.

Nah, berikut deretan smartphone 8GB yang tersedia di pasaran, yang bisa jadi pilihan smartphone ngebut Anda. Dilansir dari Android Authority, berikut daftarnya.

1 dari 7 halaman

Samsung Galaxy S10

Tak bisa dimungkiri, Samsung S10 adalah smartphone terbaik dan paling revolusioner dari Samsung. Revolusi desain sendiri adalah aspek yang kini banyak diusung oleh Samsung. yang paling mencolok adalah hilangnya bezel dan dan dipakainya konsep lubang layar untuk mengakomodir kamera selfie. Hal ini membuat rasio layar ke bodi dari Samsung S10+ mencapai 93 persen.

Samsung S10 juga membuang pemindai sidik jari konvensional dan menggantinya dengan pemindai sidik jari dalam layar berbasis supersonik, yang secara teori jauh lebih cepat dan akurat ketimbang pemindai sidik jari dalam layar biasa.

S10 dan S10+ masing-masing mengusung layar 5,8 inci dan 6,44 inci dalam panel "Dynamic" AMOLED Infinity-O. Resolusinya QHD+ dengan aspek rasio 19:9.

Untuk versi yang diperkenalkan di AS ini, duo Samsung terbaru ini menggunakan prosesor octa-core Snapdragon 855 yang dibangun di atas teknologi 7 nanometer. Untuk versi global di luar Amerika Serikat, Samsung akan menggunakan prosesor Exynos yang performanya setara.

Prosesor ini akan dipadu dengan pilihan RAM 6GB atau 8GB, serta storage 128GB dan 512GB. Khusus untuk Samsung S10+, terdapat varian RAM 12GB yang menjanjikan performa luar biasa, serta pilihan storage 1TB!

Samsung S10 series dinobatkan sebagai smartphone dengan performa terbaik nomor tujuh versi AnTuTu. Ia berada di bawah Mi 9, Xiaomi Black Shark 2, Meizu 16s, serta Vivo iQOO Monster.

2 dari 7 halaman

Samsung Galaxy Note 9

Samsung Note 9 diluncurkan pada Agustus 2018 lalu dan merupakan salah satu smartphone terbaik saat ini. Banyak media dan influencer teknologi yang menyebutnya sebagai smartphone terbaik 2018.

Note 9 sendiri mengusung RAM 8GB namun ada juga varian 6GB.

Flagship ini mengusung bentang layar 6,4 inci beresolusi QHD+. Kinerjanya dimotori oleh prosesor Snapdragon 845 atau Exynos 9810. Terdapat juga dual kamera dengan sensor 12MP dengan dual aperturu untuk hasil fotografi minim cahaya. Baterainya berkapasitas besar yakni 4.000mAh.

Keunggulan utama dari Note 9 dan lini Note lainnya adalah adanya S Pen, stylus canggih yang kini memiliki fitur bluetooth yang bisa mengontrol kamera.

3 dari 7 halaman

ASUS ROG Phone

ASUS ROG Phone adalah smartphone khusus gaming yang mengusung layar dengan refresh rate 90Hz, RAM 8GB, sistem pendingin papan atas, serta berbagai aksesoris lainnya. Dari luar, terlihat bodinya yang berwarna metal dengan aksen ala circuit board, serta ventilasi pendingin yang terdapat di bagian belakangnya.

Namun dibanding semua smartphone yang disebut sebelumnya, tentu ROG Phone salah satu yang istimewa karena performa gaming tentu membutuhkan tenaga lebih, sehingga semua hal yang dilakukan di smartphone bisa dengan mudah terselesaikan.

Tak cuma itu, terdapat beberapa software khusus game yang eksklusif di ROG Phone, seperti Game Center App serta Game Genie.

4 dari 7 halaman

OnePlus 7 Pro

OnePlus 7 Pro adalah smartphone papan atas yang mengusung keunggulan berupa layar yang diberi nama fluid AMOLED edge-to-edge screen, tanpa notch, refresh rate 90Hz, serta resolusi Quad HD yang tajam dan dukungan HDR10+.

Terdapat juga pop-up selfie kamera yang membuat smartphone ini bisa mendapatkan layar secara penuh tanpa adanya notch di bagian atas layar.

OnePlus sedari dulu adalah smartphone kualitas flagship dari sisi performa. Namun soal kamera, pabrikan asal China ini selalu dianggap kurang. Nah, kali ini OnePlus ingin memperbaikinya. Di OnePlus 7 Pro, tersemat tiga buah kamera belakang dan satu kamera depan berbasis pop-up.

Tak lupa, dapur pacu berupa Snapdragon 855 yang dipadu RAM 8GB yang menjamin performa ngebut dari smartphone ini.

5 dari 7 halaman

ASUS Zenfone 6

Zenfone 6 adalah smartphone yang memiliki keunggulan berupa kamera flip yang membuat layar bagian depannya bebas notch. Dengan konsep ini, kamera belakang smartphone bakal memutar sehingga bisa menjadi kamera depan.

Di samping soal kamera, salah satu keunggulan dari Zenfone 6 adalah dapur pacu Snapdragon 855 dipadu pilihan RAM hingga 8GB dengan harga yang terbilang murah ketimbang deretan flagship lainnya.

6 dari 7 halaman

Oppo Reno 10x Zoom

Sesuai namanya, keunggulan smartphone baru besutan Oppo ini adalah kemampuannya melakukan zoom hingga 10x dengan ketajaman tetap terjaga, menjadi salah satu senjata andalannya. OPPO Reno 10x Zoom dibekali dengan triple camera di bodi belakang.

Tiga kamera tersebut terdiri dari kamera utanm 48Mpix bersensor IMX586 F/1.7 aperture + 8 Mpix Wide Angle Camera + 13 Mpix Telephoto Lens.

Namun karena tergolong papan atas atau flagship, performa juga aspek unggul di Oppo Reno 10x Zoom. Smartphone ini disokong chipset Qualcomm Snapdragon 855 dengan prosesor Octa-core, dipadu dengan satu varian RAM 8GB + memori internal 256GB.

7 dari 7 halaman

Xiaomi Mi9

Bersaing dengan Samsung S10, Xiaomi merilis Mi 9. Ini adalah smartphone Xiaomi pertama yang mengusung tiga buah kamera yang kualitasnya tak main-main. Pasalnya, website benchmark kamera DXOMark memberi rating yang baik terhadap Mi9 dengan 107 poin.

Keunggulan utama dari Mi9 adalah smartphone ini tercatat sebagai smartphone pertama yang mengusung Qualcomm Snapdragon 855 terbaru, disusul oleh Samsung S10 beberapa jam setelahnya. Prosesor ini dipadu dengan RAM 6GB atau 8GB. Soal kartu grafis, sepaket dengan SD855, terdapat Adreno 640 yang mulus untuk aktivitas grafis berat sekalipun, termasuk gaming.

Mi9 sendiri, tepatnya varian Explorer, dinobatkan jadi smartphone dengan performa terbaik menurut AnTuTu. Mi9 reguler berada di tempat kedua. [idc]

Baca juga:
Mengintip Canggihnya Pyongyang 2425, Smartphone Asli Korea Utara
Ini Alasan Mengapa Baterai Smartphone Minim Inovasi
Perangkat P30 Pro Dibongkar, Terungkap Sebanyak Ini Huawei Butuh Onderdil AS
Realme Rilis Edisi Spider-Man Untuk Realme X, Ini Penampakannya!

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini