7 Kapal hantu yang hadirnya tak bisa dijelaskan

Jumat, 21 Oktober 2016 03:00 Reporter : Indra Cahya
7 Kapal hantu yang hadirnya tak bisa dijelaskan Kapal hantu yang hadirnya tak bisa dijelaskan. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapal hantu seringkali tak cuma didefinisikan sebagai kapal yang berhantu. Kapal hantu juga sering dikaitkan dengan munculnya kapal tak jelas tanpa awak. Munculnya pun tak jelas dan misterius. Sehingga tak ada penjelasan dari aspek apapun yang bisa meluruskan kemisteriusan ini.

Berikut ada beberapa kapal hantu dengan raibnya awak yang tak bisa dijelaskan, serta berbagai kejadian yang juga tak bisa dijelaskan.

1 dari 7 halaman

The High Aim 6

aim 6 rev7Kapal hantu yang hadirnya tak bisa dijelaskan. ©2016 Merdeka.com

High AIm 6 adalah sebuah kapal berbendera China yang meninggalkan pelabuhan Taiwan pada Oktober 2002. Pada Januari 2003, kapal ini menepi di salah satu pelabuhan di Australia, namun tanpa satu awak kapal pun.

Hal ini jadi misteri, karena kapal dalam kondisi baik-baik saja, makanan juga dalam keadaan tersedia, dan tak terdeteksi adanya penyelundupan imigran atau kejahatan serupa.

Jika ditelaah dengan berbagai kondisi, kecelakaan tak mungkin membuat 'kapal hantu' ini tetap berada dalam kondisi utuh sementara kru yang lain menghilang. Kemungkinannya hanya jika ada pembunuhan kapten kapal dan kru lain berenang untuk kembali pulang. Meski demikian hal ini tak mungkin terjadi, karena jika tujuannya membajak, seharusnya kapal yang bernilai tinggi tersebut yang dikuasai.

2 dari 7 halaman

Kapal Jian Seng

seng rev1Kapal hantu yang hadirnya tak bisa dijelaskan. ©2016 Merdeka.com

Lagi-lagi di perairan Australia, sebuah kapal bernama Jian Seng ditemukan pada tahun 2006 dalam keadaan tanpa awak. Tali yang ada di kapal tersebut dalam keadaan rusak, sehingga disimpulkan secara cepat bahwa kapal ini adalah kapal yang mengapung tak jelas di laut karena tali yang mengikatnya di pelabuhan ternyata rusak.

Namun tidak semudah itu. Ketika diinvestigasi, tidak ada identitas apapun yang terpampang di kapal. Ketika dicari di laman pencarian untuk kapal-kapal yang terdaftar, kapal tersebut tidak ada. Tak ada pula yang mengirim pesan bahwa ada sebuah kapal yang hilang, yang merupakan hal lumrah yang dilakukan ketika ada kapal tak sesuai jadwal.

Misteri akhirnya lahir. Tak ada yang mengklaim kapal ini, tak ada yang mengerti dan tak ada penjelasan yang masuk akal atas datangnya kapal ini.

3 dari 7 halaman

The Kaz II

ii rev1Kapal hantu yang hadirnya tak bisa dijelaskan. ©2016 Merdeka.com

The Kaz II adalah sebuah yacht atau kapal pesiar kecil yang ditemukan di lepas pantai Australia pada 2008 silam. Diketahui ternyata kapal ini berisi tiga orang ketika berangkat, yakni Des Batten, Peter Tunstead dan John Tunstead.

Ketika ditemukan, yacht dalam keadaan sobek layarnya, laptop masih menyala, dan cangkir kopi yang masih berisi setengah gelas penuh.

Awalnya banyak yang mengira hal ini adalah kecelakaan, di mana salah satu dianggap terjatuh dan lainnya menyelamatkan. Namun hal tersebut tak seberapa dipercaya karena hal tersebut terlalu aneh. teori lain adalah bencana, namun secara ilmiah tak ada yang memperlihatkan ada bencana bahaya yang bisa menghilangkan seluruh penumpang tanpa bahkan merusak laptop dan cangkir kopi.

4 dari 7 halaman

Kapal kematian dari Korea Utara

dari korea utara rev1Kapal hantu yang hadirnya tak bisa dijelaskan. ©2016 Merdeka.com

Di perairan Jepang, tiba-tiba muncul 12 buah kapal kayu yang dari bentuknya terlihat sudah mengapung di laut dalam waktu yang sangat lama. Yang membuatnya misterius adalah isinya yang berupa 22 mayat.

Dari pantauan terhadap kapal, beberapa mayat kepalanya sudah dipotong dan tengkoraknya dipisahkan dari badannya. Setelah jadi misteri dalam beberapa waktu, terdapat tanda dari satu perahu bahwa salah satu perahu terdapat tulisan 'tentara Korea Utara.' Meski demikian, datangnya kapal hantu ini berisi orang-orang misterius ini masih belum diketahui hingga sekarang.

5 dari 7 halaman

The Sea Bird

bird rev1Kapal hantu yang hadirnya tak bisa dijelaskan. ©2016 Merdeka.com

Munculnya kapal The Sea Bird di pelabuhan Rhode Island adalah salah satu yang paling misterius. Bagaimana tidak, tak ada awak yang tersisa dari kapal ini meski di dalamnya terdapat anjing dan kucing yang sangat gembira akhirnya mereka kembali menyentuh tanah.

Setelah kapal tersebut diselidiki, terdapat petunjuk yang makin membuat kapal ini misterius. Mulai dari kopi yang sedang dididihkan di atas kompor, sarapan yang ditelantarkan, dan bahkan bau tembakau dibakar yang masih sangat terasa. Kapal juga masih dalam kondisi sangat sempurna, tanpa ada pembajakan maupun pemberontakan.

Berbagai teori akhirnya tak bisa menjelaskan datangnya kapal ini dan bagaimana menghilangnya awal dari kapal ini.

6 dari 7 halaman

Manfred Fritz Bajorat

bajorat rev1Kapal hantu yang hadirnya tak bisa dijelaskan. ©2016 Merdeka.com

Sebuah kapal pesiar tanpa nahkoda ditemukan oleh seorang nelayan lokal Filipina. Meski demikian, satu-satunya awak kapal tidak hilang, melainkan tetap berada di sana dalam keadaan telah meninggal.

Seorang pelaut Jerman bernama Manfred Fritz Bajorat ditemukan di dalam kapal, sedang merosot di mejanya dan terlihat seperti sedang akan meraih radio. Memang setelah otopsi, ketahuan bahwa penyebab kematian dari sang nahkoda adalah serangan jantung. Namun permasalahannya, mayat tersebut tampak seperti mumi di mana tubuhnya telah mengering.

Setelah dilaporkan, ternyata kapal bersama sang nahkoda hilang selama 5 tahun dari tahun 2009 hingga 2016, dan semua orang sudah berpikir bahwa kapal ini telah tenggelam bersama seluruh isi awaknya.

Namun yang jadi misteri adalah hail otopsi yang menyatakan bahwa sang nahkoda baru meninggal seminggu karena serangan jantung. Masyarakat mulai ragu dan berpikir tentu ada hal mistis di balik ini semua. Terutama mengapa tubuh mayat begitu cepat mengering hingga tampak seperti mumi.

7 dari 7 halaman

Mary Celeste

rev1Kapal hantu yang hadirnya tak bisa dijelaskan. ©2016 Merdeka.com

Kisah tentang Mary Celeste adalah kisah kapal hantu paling terkenal di dunia. Mengisahkan tentang seseorang bernama Benjamin Briggs bersama istri, anak perempuan dan delapan orang awak kapal, mengendarai sebuah kapal bernama Mary Celeste untuk pergi ke Italia dari New York.

Keberangkatan ini terjadi pada November 1872, dan harusnya memakan waktu beberapa bulan. Namun tidak sampai satu bulan, kapal ini muncul dengan tanpa penghuni satupun. Persediaan makanan dan minuman yang cukup untuk enam bulan masih utuh, namun satu buah sekoci hilang. Tak ada tanda kerusakan satupun.

Tentu banyak yang berpikir ini adalah hal mistis. Meski demikian, banyak teori yang ingin menjelaskan; mulai dari meledaknya penyimpanan alkohol, sampai awak pemberontak.

  [idc]

Baca juga:
Lima video hantu menyeramkan ini diduga rekayasa
Buktikan hanya angan-angan, ilmuwan ini berhasil 'ciptakan' hantu!

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini