6 Penjelasan ilmiah tentang hantu dan mengapa banyak orang percaya

Jumat, 14 Oktober 2016 00:01 Reporter : Indra Cahya
6 Penjelasan ilmiah tentang hantu dan mengapa banyak orang percaya Penjelasan ilmiah tentang hantu. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Hantu adalah sebuah objek yang ada hampir di setiap kultur di muka Bumi. Banyak orang yang percaya bahwa sebuah setiap orang yang meninggal akan meninggalkan fisiknya di dunia, dan menuju alam lain. Sosok hantu seringkali dipercaya sebagai sosok manusia yang telah meninggal tapi masih ingin 'menyelesaikan urusan' di dunia.

Namun bagaimana menurut pendapat sains tentang hantu? banyak orang yang percaya dan bahkan banyak sekali rekaman dan foto yang memperlihatkan adanya hantu. Bisakah sains dan berbagai penelitian ilmiah menjelaskan hal tersebut?

Memang banyak penemuan yang terekam terkait hantu, namun secara keilmuan, sains tak pernah mengakui bahwa hal tersebut memiliki kebenaran secara ilmiah. Terlebih lagi, tak ada sebuah 'standar' khusus yang bisa menjelaskan apa itu hantu secara jelas. Ada yang mengatakan hantu adalah arwah penasaran, dan ada juga yang mengatakan bahwa hantu adalah proyeksi pikiran kita yang muncul melalui kemampuan telepati.

Namun ada beberapa penjelasan 'logis' dari adanya hantu, dan berbagai hal ini jauh dari hal mistis. Berikut ulasannya.

1 dari 6 halaman

Ladang elektromagnetik

rev1Penjelasan ilmiah tentang hantu. ©2016 Merdeka.com

Sudah selama bertahun-tahun, seorang ilmuwan saraf asal Kanada bernama Michael Persinger mempelajari tentang efek elektromagnetik terhadap persepsi manusia terhadap hantu. Hal ini dilakukan dengan menarik hipotesa tentang apa yang memunculkan ladang magnetik, menganalisa apa yang tak terlihat secara kasat mata, serta apa yang membuat seseorang merasakan hal tersebut sebagai 'kehadiran.'

Menurut sang ilmuwan, adanya pola aktivitas aneh di otak yang disebabkan adanya ladang elektromagnetik tersebut, membuat seseorang merasa ada hantu di dekatnya. Dalam studinya, Persinger menyebutkan kalau seseorang diterpa ladang magnetik yang lemah selama 15 hingga 30 menit, seseorang akan memiliki persepsi bahwa ada kehadiran yang tak terlihat di ruangan tempat dia berada.

Hal ini sedikit membuktikan bahwa hantu sebenarnya hanyalah persepsi otak kita yang agak 'kacau' karena faktor luar. Banyak yang membuktikan lebih lanjut bahwa berbagai lingkungan yang punya reputasi berhantu, biasanya memiliki ladang magnetik yang tak lazim.

2 dari 6 halaman

Suara infra atau infrasound

atau infrasound rev1Penjelasan ilmiah tentang hantu. ©2016 Merdeka.com

Infrasound adalah suara dengan frekuensi yang sangat rendah, hingga manusia tak akan bisa mendengarnya. Beberapa binatang seperti gajah, bisa mendengar jenis suara semacam ini. Suara semacam ini ternyata mampu dibuktikan secara ilmiah dapat membuat seseorang tak nyaman secara fisiologis.

Sebuah studi ilmiah pernah meneliti tentang dampak suara turbin angin serta suara lalu lintas di sebuah pemukiman. Suara dengan frekuensi yang sangat rendah ini ternyata dapat menyebabkan disorientasi, perasaan panik, perubahan denyut jantung dan tekanan darah, serta perasaan ditakuti oleh hantu.

Sebuah jurnal ilmiah berjudul 'Natural Causes of Hauntings' meneliti tentang sebuah ruangan yang dilaporkan berhantu. Setelah berbagai penelitian, ternyata penyebab utama ruangan tersebut 'terasa' berhantu adalah adanya sebuah kipas angin yang mengeluarkan 'suara tak terdengar' yang menyebabkan adanya efek 'angker.' Gelombang suaranya yang hanya 19 Hz tak akan terdengar telinga kita, namun efeknya bisa membuat otak kita kacau.

3 dari 6 halaman

Jamur

Penjelasan ilmiah tentang hantu. ©2016 Merdeka.com

Aktivitas paranormal dan mistis tentang hantu, tak selalu bersifat mistis di hadapan sains. Seorang profesor dari Clarkson University bernama Shane Rogers meneliti pertumbuhan jamur dan adanya aktivitas mistis di dekatnya.

Menurut penelitiannya, beberapa jenis jamur bisa menyebabkan gejala yang cukup 'angker', yakni ketakutan tak jelas dan tak bisanya memproses informasi dengan benar. Dalam pengumpulan datanya pun, beberapa jamur beracun berada di beberapa tempat angker yang dikabarkan berhantu. Sang peneliti sendiri merasa ini cukup 'konyol', namun jika percaya sains, ini adalah bukti yang cukup menjelaskan.

4 dari 6 halaman

Keracunan karbon monoksida

monoksida rev1Penjelasan ilmiah tentang hantu. ©2016 Merdeka.com

Sebuah jurnal medis yang dipublikasikan di American Journal of Ophtalmology, pernah menjelaskan salah satu penyebab rumah berhantu: karbon monoksida.

Jurnal tersebut menceritakan sebuah cerita unik di mana sebuah keluarga yang pindah ke sebuah rumah tua, mengalami fenomena aneh yang terkait hal mistis. Keluarga tersebut mendengar suara-suara aneh di malam hari, mendenar suara perabot rumah tangga yang tergeser secara tiba-tiba, dan mendengar ada kehadiran orang lain di rumah tersebut yang diduga hantu. Mereka bahkan merasa dibekap oleh hantu di tempat tidur dan tak bisa melawan.

Namun setelah diteliti, hal ini hanya disebabkan oleh perapian yang rusak, dan perapian tersebut mengisi seluruh rumah dengan karbon monoksida. Ternyata karbon monoksida tersebut membuat seisi rumah berhalusinasi secara liar. PEristiwa hantu ini hilang seketika perapian diperbaiki.

5 dari 6 halaman

Orang lain menyatakan bahwa hantu itu nyata

menyatakan bahwa hantu itu nyata rev1Penjelasan ilmiah tentang hantu. ©2016 Merdeka.com

Dalam sebuah studi ilmiah yang dihelat tim psikolog dari Universitas London, kita akan merasa hal-hal mistis sesederhana kita percaya hal tersebut ada. Terlebih lagi hal mistis tersebut diperkuat argumen dari orang lain.

Dalam penelitiannya, partisipan disuruh menonton video dari 'penyihir' yang membengkokkan kunci dengan pikirannya. Partisipan secara berpasangan disuruh menonton video ini, dan peneliti sudah 'bersekongkol' dengan beberapa pasangan dari partisipan tersebut untuk 'percaya' jika hal yang dilakukan penyihir tersebut nyata. Hasilnya, hanya dengan pasangannya yang percaya, partisipan tersebut ikut percaya bahwa penyihir tersebut mampu benar-benar membengkokkan kunci.

Menurut penulis studi ini, Christopher French, jika seseorang secara percaya diri menyatakan bahwa dia melihat hantu, secara psikologis otak pendengarnya akan merasionalkan informasi tersebut, dan pada akhirnya akan percaya bahwa mereka juga melihat hantu.

6 dari 6 halaman

Kita sendiri ingin percaya akan hantu

ingin percaya akan hantu rev1Penjelasan ilmiah tentang hantu. ©2016 Merdeka.com

Berdasar penelitian yang sama seperti di laman sebelumnya, yakni dari Universitas London, manusia secara kultur didesain untuk percaya hantu. Hal ini dikarenakan gagasan tentang kematian itu terlalu 'gelap' untuk dipercaya oleh masyarakat. Oleh karena itu berbagai budaya selalu punya versi tentang kehidupan setelah meninggal.

Bias inilah yang punya kekuatan untuk mengacaukan persepsi kita terhadap kehadiran hantu. akan sangat mudah untuk percaya hantu daripada berkilah tidak percaya namun hal tersebut menghantui kita setiap saat karena sejak lahir masyarakat kita percaya akan hal tersebut. Jika mengutip pernyataan sang ilmuwan, "lebih percaya untuk percaya sesuatu yang ingin kita percaya." Hal tersebut sudah sangat menjelaskan mengapa hantu itu 'ada'.

  [idc]

Baca juga:
Mumi Biksu Tibet bangkit lagi setelah 89 tahun diawetkan
Benarkah boneka bisa jadi sarang hantu? tiga aktor ini menjawab
Kental aroma mistis, empat benda ini terekam bisa bergerak sendiri
Lima video hantu menyeramkan ini diduga rekayasa

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini